Awas! Selain Ruam Bernanah di Sekujur Tubuh, Cacar Monyet Sebabkan Komplikasi Paru-paru

Muhammad Sukardi
Cacar monyet sebabkan komplikasi Paru-paru. Foto/Reuters/Istimewa

JAKARTA, iNewsManado.com - Cacar monyet ternyata bisa sebabkan komplikasi Paru-paru. Penjelasan awal bahwa cacar monyet ditandai timbulnya ruam bernanah di sekujur tubuh ternyata bukan patokan utama. 

Kesimpulannya, Cacar monyet tidak hanya berdampak pada kulit. Namun, penyakit ini juga bisa mengembangkan komplikasi hingga mengganggu fungsi paru-paru. 

Hal tersebut diungkapkan Ahli Epidemiologi Griffith University Australia Dicky Budiman. Dia menjelaskan, memang ada kemungkinan virus cacar monyet menyebabkan komplikasi pada paru-paru.

"Walau kasusnya kecil," kata Dicky saat dihubungi MNC Portal, Senin (22/8/2022).

Dicky mengungkapkan, ada dua mekanisme virus monkeypox atau cacar monyet yang masuk ke dalam paru-paru. Ini dapat menyebabkan masalah hingga komplikasi di area tersebut.

Pertama, adalah melalui aerosol. Ini terjadi saat seseorang melakukan kontak erat dengan penderita yang di mulutnya terdapat lesi cacar monyet.

Kontak fisik yang erat, misalnya berciuman, dapat menjadi jalur masuknya virus cacar monyet ke paru-paru. Tak hanya berciuman, berbicara dengan jarak dekat juga bisa menciptakan aerosol yang kemudian bisa masuk ke dalam paru-paru.

Mekanisme kedua, lanjut dia, yakni melalui darah. Dicky menjelaskan, virus cacar monyet bisa hidup di dalam darah dan itu bisa menyebabkan masalah yang sangat serius, bahkan fatal.

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network