Ini Cara Pilih Pelumas yang Tepat untuk Mobil

Danang Arradian
Ilustrasi. (Istimewa)

JAKARTA, iNews.id –  Para pemilik mobil wajib tahu cara pilih pelumas yang tepat untuk mobil. Ini penting dipahami, agar pengguna tidak salah pilih. Sebab, oli mesin adalah satu komponen wajib penunjang performa kendaraan.

Oli mesin sendiri memang hadir dalam beragam pilihan jenis dan tipe. Beberapa pabrikan bahkan merekomendasikan oli mesin yang mereka produksi sendiri. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), misalnya, memiliki oli dengan merek global Suzuki Ecstar untuk kendaraan Suzuki.

Christiana Yuwantie, Spareparts Dept. Head PT SIS, menyebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih oli mesin yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan mesin. Berikut tipsnya:

1. Perhatikan Spesifikasi Kendaraan

Untuk mengetahui spesifikasi oli mesin sesuai kebutuhan kendaraan, pemilik dapat melihat pada buku manual kendaraan terkait rekomendasi penggunaan pelumas. Selain itu, pemilik kendaraan juga bisa berkonsultasi dengan bengkel resmi terkait jenis dan spesifikasi pelumas dengan standar rekomendasi pabrik yang paling sesuai.

2. Perhatikan Sertifikasi Pelumas

Setiap merek yang menawarkan produk oli mesin harus mengantongi izin atau sertifikasi dengan standar terbaik. Beberapa badan yang mengeluarkan sertifikasi pelumas kendaraan antara lain API, ACEA, ILSAC, SAE, dan JASO. Untuk Ecstar, Suzuki mengantongi sertifikasi API Service hingga “SN”, yang merupakan standar kualitas pelumas yang diakui oleh API (American Petroleum Standard).

Editor : Fabyan Ilat

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network