get app
inews
Aa Read Next : Biden-Trump Dianggap Rusak Demokrasi Jika Maju Pilpres Amerika 2024

Elon Musk Batalkan Larangan Twitter bagi Donald Trump

Rabu, 11 Mei 2022 | 15:10 WIB
header img
Donald Trump. (Foto: Istimewa)

WASHINGTON, iNews.id – Kebijakan kontroversial dikeluarkan Elon Musk, sang pemilik Twitter.

Pada Selasa (10/5/2022), Elon Musk mengatakan mengatakan akan membatalkan larangan Twitter terhadap mantan Presiden AS Donald Trump.

BACA JUGA: Condong ke China, Ini Analisis Politik Luar Negeri Ferdinand Marcos Jr

Musk, orang terkaya di dunia dan kepala eksekutif pembuat kendaraan listrik Tesla Inc (TSLA.O), telah menandatangani kesepakatan senilai $44 miliar untuk membeli Twitter Inc (TWTR.N). Dia menyebut dirinya "absolut kebebasan berbicara", tetapi memberikan sedikit rincian spesifik tentang rencananya.

Musk diharapkan menjadi CEO sementara Twitter setelah menutup kesepakatan, Reuters melaporkan sebelumnya, mengutip sumber yang mengetahui masalah tersebut.

BACA JUGA: Sadis! IRT di Bangka Selatan Tewas Diduga Diserang Buaya

Pertanyaan tentang mengembalikan Trump telah dilihat sebagai ujian lakmus tentang seberapa jauh Musk akan melakukan perubahan, meskipun Trump sendiri mengatakan dia tidak akan kembali.

Twitter, seperti platform media sosial lain yang berbasis di AS, telah melarang berbagai individu karena melanggar kebijakannya tentang informasi yang salah dan mengagungkan kekerasan.

Musk, berbicara pada konferensi Financial Times, menambahkan bahwa dia dan salah satu pendiri Twitter Jack Dorsey percaya larangan permanen harus "sangat jarang" dan disediakan untuk akun yang mengoperasikan bot atau menyebarkan spam.

Tweet "salah dan buruk" harus dihapus atau dibuat tidak terlihat dan penangguhan akun sementara bisa dilakukan, kata Musk. "Saya pikir permaban pada dasarnya merusak kepercayaan di Twitter sebagai alun-alun kota di mana setiap orang dapat menyuarakan pendapat mereka."

Musk mengatakan keputusan untuk melarang Trump memperkuat pandangan Trump di antara orang-orang yang berhaluan politik, dan dia menyebut larangan itu "salah secara moral dan sangat bodoh."

Penangguhan akun Trump, yang memiliki lebih dari 88 juta pengikut, membungkam megafon utamanya beberapa hari sebelum akhir masa jabatannya dan mengikuti perdebatan bertahun-tahun tentang bagaimana perusahaan media sosial harus memoderasi akun para pemimpin global yang kuat.

Trump secara permanen ditangguhkan dari Twitter tak lama setelah serangan 6 Januari 2021 di US Capitol. Twitter mengutip "risiko hasutan kekerasan lebih lanjut" dalam keputusannya.

Megan Squire, rekan senior untuk analisis data di Pusat Hukum Kemiskinan Selatan, mengatakan larangan permanen dari jaringan arus utama, atau de-platforming, telah menjadi taktik yang berhasil dalam mengurangi jangkauan pesan dan perilaku yang kasar.

BACA JUGA: Diduga Sudutkan Islam, Film Kashmir Files Dilarang Tayang di Singapura

Musk telah mengesahkan beberapa batasan, mengatakan kepada seorang pejabat Uni Eropa pada hari Senin bahwa kebijakan UE "sangat selaras" dengan pemikirannya sendiri dalam mengendalikan konten ilegal.

Senator Roy Blunt, seorang Republikan mapan yang pensiun, adalah salah satu dari beberapa Republikan yang mengatakan mereka tidak memiliki pendapat tentang kemungkinan kembalinya Trump ke Twitter.

"Tapi saya kira itu keputusan bisnis yang bagus di pihak (Musk)," kata Blount sambil tersenyum.

Demokrat mengatakan potensi pemulihan Trump dapat menjadi ancaman bagi demokrasi, meskipun beberapa berharap Trump dapat mengganggu basis mereka dan meningkatkan jumlah pemilih dalam pemilihan paruh waktu November, dengan Demokrat menghadapi tantangan berat dalam mempertahankan mayoritas mereka di kedua majelis Kongres.

Trump sebelumnya mengatakan kepada Fox News bahwa dia tidak akan kembali ke Twitter jika diizinkan. baca lebih lanjut Aplikasi media sosial miliknya, Truth Social, diluncurkan di toko aplikasi Apple pada akhir Februari.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut