get app
inews
Aa Read Next : 23 November 2022 TikTok Larang Pengguna di Bawah 18 Tahun Live Streaming

TikTok Bikin Saham Facebook Anjlok 40%, Ini Penyebabnya

Kamis, 28 April 2022 | 11:49 WIB
header img
Facebook mulai ditinggal pengguna. (F: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id – Aplikasi TikTok terus meningkatkan para pengguna. Bahkan, kenaikan pengguna TikTok membuat saham Facebook anjlok!

Tentunya fakta ini membuat Facebook kelimpungan dan mencari cara kembali menarik simpati pengguna. Apalagi, disebut TikTok merupakan aplikasi utama yang menggoyang eksistensi Facebook.

BACA JUGA: Trafficking Gadis Filipina ke Sulut Diungkap Polisi, Korban Dijual Lagi ke Bandung

Dikutip Reuters, Meta Platforms (FB.O), perusahaan induk Facebook, mengatakan pada Rabu (27/4/2022), pendapatan tumbuh 7% tahun-ke-tahun, laju paling lambat dalam sekitar satu dekade. Pengguna aktif harian Facebook tumbuh kurang dari 2% dari akhir tahun 2021. Sahamnya naik 15% dalam perdagangan setelah jam kerja, tetapi itu karena banyak kerusakan telah terjadi.

Meta terpukul ketika mengetahui pada Februari 2022 saham mereka turun sekitar 40% tahun ini, dua kali lipat dari penurunan indeks Nasdaq 100.

TikTok, yang diadakan secara pribadi, tidak mengungkapkan angka-angka seperti itu – tetapi mereka cenderung menuju ke arah yang berlawanan. Itu memiliki hampir 1,6 miliar pengguna aktif bulanan global pada kuartal pertama, kurang dari 2,9 miliar Facebook tetapi kira-kira melonjak 45% dari tahun lalu, menurut Data.ai.

Salah satu alasannya adalah konten. Videonya cukup menarik sehingga pemirsa TikTok mengirimkan hadiah kuasi-tunai kepada pembuat konten. Pada kuartal pertama, pengguna membagikan lebih dari $840 juta di TikTok, rekor untuk aplikasi atau game apa pun, menurut Data.ai. Pada kuartal keempat tahun 2021, itu adalah aplikasi pertama yang melampaui game seperti "World of Warcraft" dan "Genshin Impact" dalam hal pengeluaran konsumen.

Ancaman baru adalah berita. September lalu, jaringan Zuckerberg menjadi sumber berita reguler untuk 31% orang Amerika versus hanya 6% untuk TikTok, menurut laporan Pew Research Center. Invasi Rusia ke Ukraina pada bulan Februari – yang membawa TikTok sejumlah rekaman pengguna dari negara itu – mengubah dinamika itu.

BACA JUGA: Alamak! Usai Hina Andika Kangen Band, Tri Suaka dan Zidan Diduga Bajak Lagu Musisi Melayu

Tampilan posting yang diberi tag #Ukraina tumbuh dari 6,4 miliar pada 20 Februari menjadi saat ini sekitar 40 miliar, menurut TikTok. Pada bulan Maret, Gedung Putih memberi pengarahan kepada sekitar 30 pemberi pengaruh aplikasi tentang perang tersebut.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut