get app
inews
Aa Read Next : 3 Buah Ampuh Turunkan Kolesterol, Mudah Didapat dan Murah

Bawang Putih Bermanfaat Atasi Kolesterol, Ini Penjelasannya

Kamis, 31 Maret 2022 | 06:01 WIB
header img
Bawang putih. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Bawang putih bukan saja bumbu dapur yang jadi kebiasaan di Indonesia. Selain itu, bawang putih bermanfaat

untuk kolesterol.
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa bawang putih memiliki potensi untuk menurunkan kolesterol. Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah.

Kolesterol merupakan jenis lipid khusus yang disebut steroid, suatu lipid yang memiliki struktur kimia empat cincin atom karbon.

Dilansir dari laman Alodokter, kolesterol merupakan zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati, tetapi juga bisa ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan seperti daging dan susu. Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D. Meskipun penting bagi tubuh, kolesterol dapat mengganggu kesehatan jika kadarnya terlalu tinggi.

Untuk menurunkan kolesteror, ternyata bawang putih memiliki manfaat yang begitu hebat. Bumbu utama setiap masakan itu dipercaya dapat menjadi penurun kolesterol secara alami. Berikut manfaat bawang putih untuk kolesterol, yang dikutip dari Hellosehat:

 

1. Bantu Turunkan Kolesterol

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Postgraduate Medicine mengungkapkan bahwa konsumsi 10 gram bawang putih mentah (1-2 siung) setiap hari membantu menurunkan kolesterol dalam 2 bulan. Kandungan allicin dalam bawang putih sangat bermanfaat untuk menghambat kinerja enzim pembentuk kolesterol.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut