get app
inews
Aa Read Next : Cara Redakan Gejala Flu dengan Cepat, Konsumsi Sayuran Super Ini!

Ini 8 Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

Rabu, 02 Maret 2022 | 11:06 WIB
header img
Manfaat bawang putih bagi kesehatan. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Selain sering digunakan untuk bumbu dalam masakan, bawang putih juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Peran bawang putih sebagai penghambat oksidasi radikal bebas dan kerusakan sendi. 

Di samping itu, bawang putih merupakan pengobatan tradisional. Dengan pengobatan yang mudah ditemukan dan tidak memiliki efek samping. Apabila khawatir akan efek samping obat-obatan, bisa beralih ke bawang putih. 

Dilansir dari Healthy, berikut adalah 8 manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh: 

1. Anti-inflamasi

Gejala utama radang sendi adalah rasa sakit dan peradangan pada sendi. Ekstrak bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi. Memiliki efek menguntungkan dalam mengurangi kadar sitokin proinflamasi.

Bawang putih juga mencegah penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis. Produksi sitokin inflamasi yang terlihat pada penyakit tersebut berkurang secara signifikan dengan adanya ekstrak bawang putih.

2. Memiliki sifat antioksidan

Studi penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih mengandung senyawa anti-oksidan. Seperti allyl cysteine, alliin, allicin, dan allyldisulphide. Studi ini menemukan bahwa semua senyawa bawang putih ini menunjukkan pola aktivitas anti-oksidan yang berbeda. Seperti penghambatan peroksidasi lipid, pemulungan superoksida dan radikal bebas hidroksil.

Meskipun bawang putih mentah memiliki potensi anti-oksidan yang tinggi, dosis yang lebih tinggi dapat menjadi racun bagi jantung, hati, dan ginjal, sehingga kita perlu berhati-hati dan sepenuhnya menyadari dosis saat mengonsumsi bawang putih atau suplemennya.

3. Anti-mikroba alami

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut