Logo Network
Network

Ini Hal yang Harus Dihindari Jika Ingin Turunkan Kolesterol

Diana Rafikasari
.
Jum'at, 11 Maret 2022 | 14:57 WIB
Ini Hal yang Harus Dihindari Jika Ingin Turunkan Kolesterol
Hal yang harus dihindari jika ingin turunkan kolesterol. (Foto ilustrasi: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Berbagai macam masalah kesehatan yang terjadi sering disebabkan oleh kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi. Hal tersebut dapat membuat arteri tersumbat dan dapat beresiko terserang penyakit jantung.

Pada setiap orang, khususnya yang berusia 40 tahun ke atas perlu menjaga kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh agar jumlahnya tidak berlebihan. Salah satunya adalah dengan menghindari sejumlah makanan.

"Bagi orang dengan kolesterol tinggi , tentu harus dibatasi makanannya," kata Ahli Gizi Universitas Padjadjaran, Dr. Gaga Irawan Nugraha, dr., Sp.GK., M.Gizi.

Dr Gaga menyarankan untuk menghindari otak, baik otak sapi atau otak ikan. Makanan ini mengandung kolesterol jahat tinggi yaitu 2.500 miligram per 100 gram. Selain itu, penting juga untuk menghindari jeroan, kulit, kikil dan kuning telur.

Kuning telur termasuk makanan yang paling banyak ditemui. Meskipun banyak orang yang sudah berhenti mengonsumsi langsung, kuning telur masih bisa ditemukan pada jenis makanan lainnya. Utamanya pada kue maupun makanan yang terbuat dari tepung.

"Jangan lupa banyak makanan yang terbuat dari tepung terigu dan pakai kuning telur di dalamnya," ujar Dr Gaga.

Follow Berita iNews Manado di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.