get app
inews
Aa Read Next : Mau Touring di Akhir Pekan, Ini Tipsnya Biar Seru dan Aman

Tips Ketika Indikator Suhu Mesin Motor Menyala

Rabu, 24 Juli 2024 | 13:11 WIB
header img
Tips ketika lampu indikator suhu mesin motor menyalakan (Foto: Istimewa)

MANADO, iNewsManado.id - Sepeda motor zaman sekarang pada umumnya sudah dibekali dengan indikator suhu mesin. Indikator suhu berfungsi untuk memberikan informasi kondisi suhu mesin sepeda motor.

Sebagai pengguna sepeda motor ataupun komunitas Honda, dalam berkendara sehari – hari haruslah memperhatikan lampu indikator. Salah satu indikator yang ada pada panel meter adalah lampu indikator suhu mesin.

Indikator ini berfungsi untuk memberikan informasi suhu mesin kepada pengendara. Dalam menjalankan fungsi tersebut, komponen ini umumnya dilengkapi dengan sensor suhu yang terhubung ke mesin.

Lampu indikator ini akan menyala ketika suhu mesin melebihi batas ideal yang ditetapkan oleh pabrikan atau over heat. Penyebabnya beragam, mulai dari cairan pendingin pada radiator berkurang atau habis, hingga sensor suhu mesin yang bermasalah.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh bikers ketika lampu indikator suhu mesin menyala :

1. Matikan Mesin

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah segera matikan mesin motor. Biarkan mesin motor dalam keadaan mati selama beberapa saat untuk menurunkan suhu mesin yang terlalu tinggi. Hal ini penting untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Editor : Subhan Sabu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut