get app
inews
Aa Read Next : Anak Minum Minuman Dingin, Ini Penjelasan Ahli Gizi

5 Tips Penggunaan Gadget yang Aman dan Nyaman untuk Anak

Minggu, 26 Februari 2023 | 14:44 WIB
header img
Tips penggunaan gadget yang aman dan nyaman untuk anak. (foto Ist)

JAKARTA, iNewsManado.com - Pemberian gadget bagi anak dapat menjadi dilema bagi sebagian orang tua. Seperti khawatir anak menjadi kecanduan gadget, kehilangan fokus dan ketidakstabilan emosi.

Karena itu memang ada beberapa hal yang harus diputuskan untuk memperkenalkan gadget kepada anak. Sebab di satu sisi, pemberian gadget dapat membantu dan mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Ini tentunya menjadi peran orang tua untuk memilih gadget yang tepat dan menerapkan lima tips ini.

5 tips penggunaan gadget yang aman untuk anak:

1. Pilih gadget yang didesain khusus untuk anak

Di era digital ini, sulit bagi kita untuk menghindari teknologi untuk anak, terutama setelah melalui masa pandemi yang mengharuskan anak melakukan kegiatan pembelajaran secara online. Hal itu memicu perusahaan teknologi untuk berinovasi dan menghadirkan gadget yang ramah bagi anak.

Salah satunya adalah Huawei, perusahaan teknologi terkemuka yang baru saja meluncurkan produk terbarunya HUAWEI MatePad SE Kids Edition yang ditujukan khusus untuk anak.

Tablet anak ini didesain khusus agar nyaman dalam genggaman anak sehingga meminimalisasi kemungkinan jatuh. Hand-grip yang multifungsional membuat tablet ini lebih mudah dibawa ke mana-mana, sekaligus dapat menjadi penyangga yang kokoh untuk berbagai sudut peletakan.

Dilengkapi dengan casing berbahan food grade yang sudah lolos tes standar FDA dan LFGB sehingga aman digigit. Ini membuat tablet ini pilihan yang aman dan tepat bagi anak.

2. Takut anak kecanduan gadget? Terapkan metode screen time yang sudah disepakati dengan anak

Salah satu cara paling jitu untuk menghindari anak kecanduan gadget adalah dengan menetapkan screen time yang sudah disepakati dengan anak.

Menurut Saskhya Aulia Prima, Psikolog Anak, ada dua metode screen time yang dapat diterapkan oleh orang tua.

“Selain menetapkan durasi screen time, orang tua juga dapat memecah waktu screen time menjadi 3-4 kali per hari. Dengan ini, anak tidak merasa dia dikekang dan memberikan anak kemampuan untuk mengingat jatah screen time yang mereka punya.

Untuk memastikan anak tidak kebablasan saat bermain gadget, penting bagi orang tua untuk mencari gadget yang memiliki fitur screen time management. Hal ini dapat ditemukan di HUAWEI MatePad SE Kids Edition, yang dilengkapi oleh aplikasi parental control, yang memungkinkan orang tua untuk mengatur screen time anak secara konsisten.

Selain screen-time dan penggunaan aplikasi, asisten personal ini juga bisa membatasi anak dalam mengakses aplikasi, foto dan video tertentu. Jadi, anak tetap nyaman untuk belajar maupun menikmati hiburan, serta orang tua merasa tenang karena dapat mengontrol penggunaan gadget dengan mudah.

Editor : Donald

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut