get app
inews
Aa Read Next : Aturan Lengkap Larangan Penjualan Rokok Eceran di Indonesia

Prancis Melarang Atlet Berhijab di Olimpiade Paris 2024

Jum'at, 19 Juli 2024 | 10:23 WIB
header img
Olimpiade Paris 2024 dikecam karena melarang atlet berhijab. Foto/Istimewa

PARIS, iNewsManado.com - Atlet perempuan asal Prancis dilarang mengenakan hijab pada Olimpiade Paris 2024. Larangan ini diumumkan oleh Menteri Olahraga Prancis, Amelie Oudea-Castera, dan telah menimbulkan protes dari atlet-atlet muslim.

"Tim Prancis tidak akan mengenakan jilbab," ujar Amelie Oudea-Castera dalam wawancaranya dengan TV Prancis, seperti dilaporkan oleh The Telegraph, Kamis (18/7/2024).

 Kebijakan ini bertentangan dengan aturan badan olahraga internasional seperti FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional), FIBA (Federasi Bola Basket Internasional), dan FIVB (Federasi Bola Voli Internasional) yang mengizinkan penggunaan hijab.

Salah satu atlet yang menyuarakan ketidakpuasannya adalah pebasket Helena Ba. Ia mengkritik pemerintah Prancis karena melarang hijab, yang menurutnya melanggar hak dasar kebebasan beragama.

“Ini jelas merupakan pelanggaran terhadap piagam, nilai-nilai, dan ketentuan Olimpiade, serta hak-hak dasar dan kebebasan kami. Saya pikir ini akan menjadi momen yang memalukan bagi Prancis," ungkap Ba.

Olimpiade Paris 2024, yang dijadwalkan berlangsung dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2024, kini diwarnai kontroversi dengan kebijakan yang melarang atlet perempuan Prancis berhijab.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut