get app
inews
Aa Read Next : Pangdam XIII/Merdeka Bersama Forkopimda Sulut Kunjungi Korban Terdampak Erupsi Gunung Ruang

Pangdam XIII/Merdeka Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Rehabilitasi Pelabuhan di Sulawesi Tengah

Rabu, 27 Maret 2024 | 22:50 WIB
header img
Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya mendampingi Presiden Jokowi meresmikan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan di Kawasan Teluk Palu (Foto: Istimewa)

PALU, iNewsManado.id - Presiden RI Joko Widodo meresmikan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan di Kawasan Teluk Palu, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah. Rabu (27/3/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam XIII/Mdk Mayjen TNI Candra Wijaya mendampingi Presiden Jokowi  meresmikan pelabuhan yang mengalami kerusakan diakibatkan oleh gempabumi dan tsunami di tahun 2018 silam.

"Pelabuhan luluh lantak, berkat kegigihan kita semuanya, Alhamdulillah hari ini kita resmikan rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur pelabuhan di Kawasan Teluk Palu, yaitu pelabuhan Wani dan pelabuhan Pantoloan," kata Presiden Jokowi.

Proyek yang dibiayai oleh Asian Development Bank (ADB) sebesar Rp233 miliar ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi pelabuhan yang terdampak bencana gempa dan tsunami, meningkatkan kapasitas layanan pelabuhan sebagai simpul aktivitas logistik dan meningkatkan konektivitas daerah, serta mendukung aktivitas ekonomi di provinsi Sulawesi Tengah.

Presiden Jokowi juga menyetujui rencana pengoperasian kapal Ro-Ro dari Sulawesi Tengah ke Kalimantan Timur, yang akan mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Saya setuju itu diadakan karena banyak bahan untuk pembangunan, utamanya batu-batuan, pasir itu berasal dari Sulawesi Tengah, mungkin hampir semuanya dari sini. Nilainya itu bukan hanya miliar, tetapi sudah triliun sehingga yang dibangun di Kalimantan Timur, yang senang Sulawesi Tengah," jelasnya.

Editor : Subhan Sabu

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut