get app
inews
Aa Read Next : Elly Lasut Maju Pilgub Sulut 2024, Lirik Jalur Perseorangan

Kisah Keluarga Lasut, Jadikan Harga Cengkih Sulut Tertinggi di Indonesia hingga Dirikan Sariwangi

Kamis, 08 Februari 2024 | 13:03 WIB
header img
Keluarga Lasut pernah menjadikan harga cengkih di Sulut paling tinggi di Indonesia pada 1978. Ilustrasi/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Marga Lasut merupakan salah satu marga populer di Sulawesi Utara. Sejak 3 dekade, marga Lasut menghiasi kancah politik di Sulawesi Utara. 

Dua sosok bermarga Lasut yang saat ini jadi tokoh politik yakni Elly Engelbert Lasut, bupati Talaud 2 periode dan anaknya Hillary Lasut, eks srikandi DPR. 

Namun, melihat jauh dari jaman pendudukan Jepang di Indonesia, beberapa sosok bermarga Lasut dan memiliki ikatan darah Lasut sudah menjadi tokoh populer saat itu. 

Pertama, Ryclof Constantyn Lodewijk Lasut. Ryclof merupakan kepala distrik (kepala desa) di Tomohon pada masa pendudukan Jepang. Di zaman revolusi, bekas anggota Dewan Minahasa ini menjadi anggota parlemen Negara Indonesia Timur.

Kedua Darius Lasut. Darius menjadi guru di Tondano di sekolah Hollandsch Inlandsch School (HIS). 

Darius Lasut menikah dengan Ingkan Supit dan memiliki dua anak bernama Arie Fredrik Lasut dan Willy Gayus Alexander Lasut.


Arie Lasut. Foto/Istimewa
 
Arie Lasut merupakan ahli geologi pertama yang memimpin Jawatan Geologi dan Pertambangan. Bersama orang-orang Minahasa, ia juga aktif di Kebaktian Rakjat Indonesia Soelawesi (KRIS). Arie Lasut meninggal tragis karena ditembak mati tiga orang tak dikenal. 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut