get app
inews
Aa Read Next : Awal Maret, Garuda Indonesia Layani Penerbangan Manado-Narita Jepang

Sukses Seperti Negara Jepang, Berikut Ini 5 Hal yang Patut Dicontoh

Senin, 07 Februari 2022 | 13:40 WIB
header img
Lima hal yang patut dicontoh dari negara Jepang agar sukses. (Foto ilustrasi: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Jepang adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur yang juga merupakan negara maju di dunia. Ada terdapat banyak hal yang patut dicontoh dari negara ini. 

Namun, masih banyak yang bingung ketika diminta sebutkan 5 hal positif dari negara Jepang apa saja. Agar jelas, berikut budaya hidup Jepang yang bisa dicontoh agar sukses. 

Sebutkan Hal Apa Saja yang Patut Dicontoh dari Negara Jepang? 

1. Time is Money

Hal yang patut dicontoh dari negara Jepang pertama adalah prinsip time is money atau waktu adalah uang. Prinsip itu membuat mereka hidup dengan tepat waktu dan selalu menghargai waktu.

Mereka akan berjalan cepat karena tidak ingin menghabiskan waktu dengan cara jalan yang lambat sampai tujuan. Bagi mereka, waktu adalah prioritas utama.

2. Pandai Mengelola Uang

Walaupun Jepang dikenal dengan beberapa tempat perbelanjaan yang besar, ternyata dikutip dari channel YouTube Lapshi Suliyi, orang Jepang rata-rata tak suka menghabiskan uang untuk hal yang tidak berguna.

Hidup di negara dengan kebutuhan yang tinggi membuat mereka lebih suka menabung. Bahkan, para gelandangan di Jepang memiliki uang yang cukup untuk mereka membeli makanan yang layak bagi kesehatan karena pandainya mengatur uang sehingga menjadi hal yang patut dicontoh dari negara Jepang.

3. Mandiri Sejak Kecil

Hal yang disukai dari Jepang lainnya dan patut dicontoh adalah anak-anaknya sudah diajari mandiri sejak kecil. Anak-anak pra sekolah biasanya sudah dilatih untuk mengambil makanan dan makan dengan tangan mereka sendiri.

Bahkan, anak-anak SD di Jepang sebelum berangkat sekolah sudah menyiapkan dan membawa peralatan makan sendiri. Mereka juga berangkat sekolah menggunakan kereta atau transportasi umum lainnya sendiri.

4. Bukan Pecandu Gadget

Kebiasaan negara maju dari Jepang adalah tidak tergila-gila pada gadget. Mereka memang dikenal sebagai negara dengan teknologi yang mutakhir dengan berbagai merek produknya, seperti Sony, Sharp, hingga Panasonic.

Namun, masyarakat Jepang rata-rata hanya memanfaatkan gadget sesuai kebutuhannya. Anak-anak sekolah bahkan dilarang membawa ponsel kecuali untuk menerima pelajaran dan menghapus gelar si miskin dan si kaya.

5. Menghargai Proses

Apa yang perlu diteladani dari negara Jepang lainnya? Adalah menghargai proses. Masyarakat Jepang tidak terlalu mengharapkan hasil namun memerhatikan sebuah proses yang benar dan sempurna.

Mereka tak suka dengan istilah keberhasilan yang instan karena dekat dengan memanfaatkan kekuasaan dan uang. Masyarakat Jepang jika ingin meraih suatu hal akan belajar dan berlatih dengan giat tanpa berharap pada hal lainnya.

Jangan lupa praktikan hal yang patut dicontoh dari negara Jepang di atas ya!

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut