get app
inews
Aa Read Next : Nestle Indonesia Perkuat Kolaborasi dengan FOI Demi Ciptakan Generasi yang Lebih Sehat

Resmi! Max Verstappen Juara Dunia Formula 1 2022

Minggu, 09 Oktober 2022 | 17:01 WIB
header img
Max Verstappen juara dunia formula 1 2022. Foto/Istimewa

SUZUKA, iNewsManado.com - Pebalap Max Verstappen resmi menjadi juara dunia Formula 1 2022. Hal itu setelah Verstappen resmi menjuarai GP Suzuka, Jepang, Minggu (9/10/2022). 

Max Verstappen memulai balapan dari posisi terdepan. Balapan baru dimulai Verstappen harus bersaing bersaing ketat dengan pembalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc untuk memimpin balapan.

 Balapan di Sirkuit Suzuka sebenarnya sempat ditunda selama satu jam lantaran terganggu hujan deras. Penyelenggara pun terpaksa membuat keputusan itu untuk menjaga keselamatan para pembalap mengingat jarak pandang yang agak minum. Setelah sempat tertunda, balapan akhirnya digelar.

Balapan baru berlangsung tiga lap, tetapi bendera merah harus dikibarkan karena hujan semakin deras. Balapan pun dihentikan selama menit untuk menunggu hujan reda. 

Usai hujan sudah berhenti balapan pun dimulai kembali dengan Safety Car keluar dari pit lane dan diikuti oleh Verstappen.

Pembalap asal Belanda itu unggul 1,2 detik dari Leclerc saat balapan kembali dimulai. Kemudian, Perez tertinggal 5,1 dari rekan satu timnya di tempat ketiga. 

Memasuki lap ke-10, Verstappen masih memimpin jalanya balapan, tetapi Leclerc, Perez, Schumacher, Ocon, Hamilton, Vettel, Alonso, Latifi dan Norris berada di belakangnya.

Verstappen kembali memperlebar jarak waktu dengan Leclerc menjadi 4,6 detik. Dominasi Verstappen masih terus berlanjut hingga memasuki lap ke-20 meski Leclerc terus berada di belakangnya, tetapi pembalap asal Monako itu masih kesulitan untuk mendekatinya. 

Sementara di sisi lain, Ocon terus mendapatkan perlawanan dari Hamilton yang berusaha mengambil alih posisi ketiga. 

Penampilan apik Verstappen untuk membuatnya mendominasi jalannya balapan terus berlanjut hingga lap ke-24, sedangkan Leclerc, Perez, Ocon, Hamilton, Vettel, Russell, Latifi, Norris dan Alonso masih berada di belakangnya. 

Sementara Perez hampir mengambil alih posisi Leclerc, tetapi usahanya masih belum berhasil usai pembalap Scuderia Ferrari masih mampu mempertahankan posisinya. 

Menjelang lap terakhir, Verstappen masih tetap finis di posisi terdepan. Lalu diikuti oleh Leclerc tempat kedua dan Perez ketiga, dalam urutan menyentuh garis finis. Kondisi ini sempat membuat Verstappen belum bisa memastikan gelar juara dunia musim ini. 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut