get app
inews
Aa Read Next : Ini Live Streaming Indonesia vs Irak di Piala Asia U-23

Puncak Bulan Inklusi Keuangan di Tomohon, OJK Dorong Peningkatan Akses Keuangan Untuk kesejahteraan

Selasa, 24 Oktober 2023 | 18:04 WIB
header img
Kantor Otoritas jasa Keuangan Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara (SulutGoMalut) bersama Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan mengadakan kegiatan Puncak BIK yang dilaksanakan secara serentak di Provinsi SulutGoMalut (Foto : Istimewa)

TOMOHON, iNewsManado.com - Dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2023, Kantor Otoritas jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara (SulutGoMalut) bersama Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) mengadakan kegiatan Puncak BIK yang dilaksanakan secara serentak di Provinsi SulutGoMalut, Sabtu (21/10/20203).

Bersama seluruh pemangku kepentingan, OJK  terus meningkatkan inklusi keuangan masyarakat melalui perluasan akses terhadap produk dan layanan jasa keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi kesenjangan sosial masyarakat.

Pada kegiatan Puncak BIK Sulut yang digelar di Lapangan Menara Alfa Omega, Kota Tomohon, Ketua Dewan Audit merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK Sophia Wattimena mengatakan inklusi keuangan merupakan salah satu pilar penting dalam pembangunan ekonomi nasional. 

"Inklusi keuangan dibarengi dengan literasi keuangan yang tinggi akan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. Masyarakat akan memiliki akses yang lebih luas terhadap berbagai produk dan layanan jasa keuangan yang dibutuhkan dan pahami risikonya sehingga tidak terjebak dalam penawaran jasa keuangan yang ilegal,” tutur Sophia dalam sambutannya.

Kata Sophia, berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2022, Indeks Inklusi Keuangan Nasional tercatat sebesar 85,10 persen dan Indeks Literasi Keuangan Nasional tercatat sebesar 49,68 persen, sedangkan di Provinsi Sulut sendiri Indeks Inklusi Keuangan tercatat sebesar 86,23 persen dan Indeks Literasi Keuangan tercatat sebesar 50,13 persen.

BIK dilaksanakan setiap Oktober sejak 2016 untuk mendukung upaya Pemerintah mencapai target inklusi keuangan 90 persen pada 2024. BIK 2023 mengambil tema “Akses Keuangan Merata, Masyarakat Sejahtera”. Kegiatan Puncak BIK Sulut turut dihadiri oleh Kepala Biro Perekonomian Provinsi Sulut, Reza Alexandro Wenas Dotulung, Kepala OJK Sulutgomalut Winter Marbun, Pimpinan Industri Jasa Keuangan di Provinsi Sulut dan diikuti peserta dari insan Industri Jasa Keuangan dan masyarakat umum.

Editor : Subhan Sabu

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut