get app
inews
Aa Read Next : Nestle Indonesia Perkuat Kolaborasi dengan FOI Demi Ciptakan Generasi yang Lebih Sehat

Bentrok Agama, 3.000 Umat Muslim di India Melarikan Diri

Kamis, 10 Agustus 2023 | 18:59 WIB
header img
Ilustrasi bentrokan. Foto/Okezone

INDIA, iNewsManado.com - Konflik antaragama terus terjadi di India. Teranyar, dikutip Reuters, Kamis (10/8/2023), sebanyak 3.000 umat muslim dinegara tersebut melarikan diri akibat bentrokan Hindu-Muslim dan serangan sporadis yang menargetkan mereka, kata penduduk, polisi, dan sebuah kelompok masyarakat.

Pun, toko-toko dan gubuk-gubuk yang dimiliki atau dikelola oleh warga Muslim serta rumah-rumah mereka di dua daerah kumuh yang luas digembok ketika Reuters mengunjungi kedua daerah tersebut lebih dari seminggu setelah tujuh orang tewas dalam bentrokan di distrik Nuh dan Gurugram, negara bagian Haryana, yang berbatasan dengan ibukota India.

Kekerasan dimulai pada tanggal 31 Juli setelah sebuah prosesi keagamaan Hindu, yang diselenggarakan oleh kelompok-kelompok yang secara ideologis selaras dengan Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa, menjadi sasaran dan sebuah masjid diserang sebagai pembalasan. Polisi memadamkan kerusuhan tersebut dalam waktu 48 jam.

Tetapi serangan-serangan kecil yang menargetkan umat Muslim terus berlanjut selama berhari-hari, membuat keluarga-keluarga yang telah pindah ke pusat kota baru Gurugram - di mana 250 dari 500 perusahaan yang masuk dalam daftar Fortune 500 berkantor - untuk mencari mata pencaharian.

Pelemparan batu, pembakaran dan perusakan terhadap dua tempat ibadah Muslim di distrik-distrik kumuh memaksa ratusan keluarga Muslim untuk meninggalkan rumah-rumah dengan satu kamar dan mencari perlindungan di stasiun kereta api sebelum pergi, kata para saksi mata.

"Banyak dari kami menghabiskan sepanjang malam di peron kereta api karena jauh lebih aman di sana," kata Raufullah Javed, seorang penjahit yang mengungsi ke desa asalnya di negara bagian timur Bihar, kepada Reuters melalui telepon.

Presiden Jamiat-Ulema-e-Hind (Dewan Teolog Muslim India) di Gurugram, Mufti Mohammed Salim, memperkirakan lebih dari 3.000 Muslim telah meninggalkan distrik tersebut setelah kekerasan terjadi.

Empat pemilik toko Muslim yang juga mengungsi ke desa mereka di India timur mengatakan melalui telepon bahwa anggota kelompok Hindu garis keras telah menanyai mereka tentang bisnis dan keluarga mereka.

"Beberapa pria Hindu datang dalam kelompok besar dan mulai mengajukan pertanyaan seperti berapa banyak uang yang saya hasilkan," kata Shahid Sheikh, seorang tukang cukur yang mengungsi dari desa Tigra, tempat tinggal lebih dari 1.200 keluarga Muslim.

"Banyak Muslim memutuskan untuk pergi untuk sementara waktu," kata Sheikh, seraya menambahkan bahwa beberapa pemilik toko Hindu yang disewakan kepada Muslim ingin mereka pergi.

Ketegangan antara mayoritas Hindu dan minoritas Muslim di India telah meningkat karena isu-isu seperti makan daging sapi dan pernikahan beda agama, dan Muslim mengatakan bahwa mereka semakin menjadi sasaran para aktivis Hindu sejak pemerintahan BJP Perdana Menteri Narendra Modi berkuasa pada tahun 2014.

Para pemimpin BJP mengatakan bahwa bentrokan antara kedua komunitas ini telah terjadi di masa lalu dan semakin jarang terjadi sejak mereka berkuasa.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut