get app
inews
Aa Read Next : OJK Minta Perbankan Segera Blokir Rekening Aktifitas Kejahatan dan Judi Online

Ini Pesan OJK Sulutgomalut yang Perlu Menjadi Perhatian Bank SulutGo

Sabtu, 03 Juni 2023 | 21:53 WIB
header img
Kepala OJK Sulutgomalut saat perayaan HUT ke 62 sekaligus peresmian kantor baru Bank SulutGo (Foto : Istimewa)

MANADO, iNewsManado.com - Saat ini perbankan menghadapi banyak tantangan, bahkan di antaranya terdapat tantangan-tantangan struktural seperti isu permodalan khususnya pemenuhan modal inti minimum, tata kelola dan manajemen risiko yang masih perlu dioptimalkan, peningkatan komptensi SDM, perbaikan infrastruktur TI dan peningkatan komptensi keamanan siber di era digitalisasi perbankan. 

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Utara (Sulut), Gorontalo dan Maluku Utara (Malut), Winter Marbun mengatakan selain tantangan struktural tersebut, perbankan juga menghadapi berbagai tantangan global seperti perkembangan digital ekonomi, perubahan perilaku masyarakat atas inovasi produk dan layanan, persaingan usaha antar LJK yang cukup ketat, dan upaya pemulihan dan pertumbuhan ekonomi setelah sebelumnya terdampak akibat pandemi.

"Berbicara tentang tantangan struktural dan tantangan global perbankan tersebut serta dikarenakan dalam kegiatan ini hadir juga beberapa Pemegang Saham dan Pengurus Bank SulutGo, maka perlu kami sampaikan disini hal-hal yang perlu menjadi perhatian Bank SulutGo dalam rangka meningkatkan peran dan kontribusinya terhadap perekonomian daerah," kata Winter saat perayaan HUT ke 62 sekaligus peresmian kantor baru Bank SulutGo, Sabtu (3/6/2023).

Pertama kata Winter, meningkatkan jumlah modal inti bank. Hal ini selain agar memenuhi ketentuan OJK, juga agar menunjang rencana ekspansi kredit dan peningkatan layanan melalui investasi perbaikan kapasitas dan infrastruktur tekonologi informasi.

Kedua, mengoptimalkan jaringan kantor dan produk yang ada saat ini dalam mendukung kinerja bank khususnya penghimpunan dana, ekspansi kredit, volume transaksi nasabah, dan rentabilitas. Optimalisasi tersebut diharapkan mampu mendukung upaya Bank SulutGo untuk menjadi Regional Champion di daerahnya sendiri.

Ketiga, melaksanakan transformasi SDM baik terkait pengalokasian mau pun pengembangan kompetensi SDM sehingga berdampak pada penguatan dan pengembangan bisnis bank khususnya terkait produk dan layanan nasabah. 

"Diharapkan transformasi SDM tersebut juga mampu mendukung penguatan citra Bank SulutGo pada seluruh lapisan masyarakat di daerah," ujarnya.

Editor : Subhan Sabu

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut