get app
inews
Aa Read Next : Nestle Indonesia Perkuat Kolaborasi dengan FOI Demi Ciptakan Generasi yang Lebih Sehat

3 Ragam Pakaian Adat Sulawesi Utara yang Populer, No 3 Harus Digunakan Keturunan Bangsawan

Jum'at, 10 Februari 2023 | 15:24 WIB
header img
Ragam pakaian adat sulawesi Utara. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Ragam pakaian adat Sulawesi Utara akan dibahas dalam artikel kali ini. Pakaian adat Sulawesi Utara pada umumnya kekhasannya melihat suku yang ada di Sulawesi Utara. 

Ragam pakaian adat Sulawesi Utara identik dengan suku Minahasa, Mongondow dan Sangihe. Tiga suku ini dominan di Sulawesi Utara sejak daerah ini ada. 

Pun, ragam pakaian adat Sulawesi utara dari ketiga suku di atas biasanya digunakan bukan saja dalam pesta kawinan namun juga pada acara penting pemerintahan. 

Berikut ragam pakaian adat Sulawesi Utara dihimpun iNewsManado.com dari berbagai sumber, Jumat (10/2/2023) :

 

1. Tonaas dan Walian Wangko


Foto/Istimewa

 

Ragam pakaian adat Sulawesi utara yang pertama datang dari pakaian adat suku Minahasa, yakni pakaian adat Tonaas dan Walian Wangko. Pakaian adat ini sering digunakan dalam acara resmi pemerintahan di Sulawesi Utara. 

Pakaian adat ini bagi laki-laki yakni berupa kemeja lengan panjang dan kerahnya tinggi. Bajunya tanpa saku dan lurus dengan kancing. Warna baju didominasi warna hitam dan ada hiasan motif padi warna keemasan. 

Sementara untuk perempuan, pakaian adat ini berupa kebaya panjang didominasi warna putih atau ungu. Pun, baju ini tanpa kancing dan kerah. Saat digunakan, baju ini dipadukan dengan kain sarong batik warna gelap dan topi mahkota yang disebut kronci.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut