get app
inews
Aa Read Next : Nestle Indonesia Perkuat Kolaborasi dengan FOI Demi Ciptakan Generasi yang Lebih Sehat

Ini Fakta Banjir Bandang di Manado pada 27 Januari 2023

Rabu, 01 Februari 2023 | 11:49 WIB
header img
Banjir bandang landa Manado, Jumat (27/1/2023). Foto/Michael Wullur Sanda/Facebook

MANADO, iNewsManado.com - Fakta banjir bandang di Manado pada Jumat 27 Januari 2023 lalu akan diulas lengkap dalam artikel kali ini. 

Fakta banjir bandang di Manado tidak saja akan diungkap mengenai jumlah korban dan kerusakan, namun akan dibahas mengenai penyebab yang mendasar. 

Fakta banjir bandang di Manado tentu saja harus menjadi perhatian pemerintah ke depan. Persoalan banjir terus jadi momok di ibukota provinsi Sulawesi Utara tersebut ketika musim hujan tiba. Meski telah diadakan perbaikan sejumlah titik drainase, namun banjir masih saja terjadi. 

Berikut sejumlah fakta banjir bandang di Manado yang dirangkum iNewsManado.com dari berbagai sumber, Rabu (1/2/2023): 

 

  • Fakta banjir bandang di Manado pada 27 Januari 2023 lalu pertama kali akan diulas penyebabnya. Banjir bandang di Manado pada 27 Januari 2023 diakibatkan meluapnya Sungai Mahawu, Sungai Bailang dan Sungai Tikala. Untungnya, luapan air dari Sungai Tondano telah menurun signifikan pasca pengoperasian Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara. Kota Manado 6 Sungai, yakni Sungai Tondano, Sungai Tikala, Sungai Mahawu, Sungai Bailang, Sungai Sario dan Sungai Malalayang.

 

  • Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), banjir di Kota Manado 2023 kali ini menggenangi 4 kecamatan, 19 kelurahan, yakni banjir akibat debit tob Sungai Bailang 1 kecamatan (3 kelurahan), banjir akibat debit Sungai Mahawu 1 kecamatan (5 kelurahan), dan Banjir Sungai Tikala 2 kecamatan (11 kelurahan).

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut