Logo Network
Network

Bikin Kaget! Ini Gaji Guru di Jerman yang Menggiurkan

Fabyan Ilat/Net Manado
.
Rabu, 30 November 2022 | 18:13 WIB
Bikin Kaget! Ini Gaji Guru di Jerman yang Menggiurkan
Gaji guru di Jerman salah satu tertinggi di dunia. Ilustrasi/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Gaji guru di Jerman jadi pembahasan dalam artikel ini. Gaji guru di Jerman menjadi salah satu yang tertinggi di dunia. Perhatian pemerintah Jerman terhadap pendidikan memang sangat tinggi. 

Di Jerman, tidak mengenal istilah sekolah menengah pertama seperti di Indonesia. Dirangkum berbagai sumber, sekolah menengah pertama versi Jerman digabungkan dengan nama sekolah menengah atas. Di Jerman, siswa sekolah menengah atas dimulai pada usia 10 tahun. 

Pun, sekolah menengah ini terdiri beberapa jenis. Sekolah menengah di Jerman dibagi menjadi dua bagian yaitu Sekundarstufe I (Sekolah Menengah Pertama) dan Sekundarstufe II (Sekolah Menengah Atas). Sekundarstufe I diperuntukkan untuk murid berusia 10 hingga 15/16 tahun dan Sekundarstufe II untuk murid berusia 15/16 hingga 18 tahun yang sudah menyelesaikan pendidikan di tingkat sebelumnya.

Dalam berbagai tingkatan pendidikan, gaji guru di Jerman khususnya guru Sekolah Dasar menyentuh Rp86 juta per bulan. Sementara, untuk gaji guru di Jerman pada sekolah menengah menyentuh Rp106 juta per bulan. 

Selain itu, gaji guru di Jerman diberikan dilihat dari pengalaman guru. Rinciannya, guru yang memiliki pengalaman 5 sampai 10 tahun akan mendapatkan upah 2.920 euro atau Rp47 juta. 

Untuk guru dengan pengalaman 10 sampai 15 tahun akan menerima gaji 3.560 euro atau Rp58juta. Sementara guru yang memiliki pengalaman kerja 15 sampai 20 tahun menerima gaji 3.880 euro atau Rp63 juta.

Follow Berita iNews Manado di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini