get app
inews
Aa
Read Next : Nestle Indonesia Perkuat Kolaborasi dengan FOI Demi Ciptakan Generasi yang Lebih Sehat

Ini Cara Membuat Google Classroom untuk Guru di Komputer, Android dan IOS yang Wajib Diketahui

Rabu, 30 November 2022 | 18:10 WIB
header img
Cara membuat Google Classroom untuk guru lewat komputer dan handphone. Ilustrasi/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Cara membuat google Classroom untuk guru akan diulas dalam artikel kali ini. Digitalisasi membuat semua aspek kehidupan saat ini mulai beradaptasi, salah satunya dalam proses mengajar di sekolah. 

Perusahaan Google menciptakan aplikasi yang mempermudah proses belajar mengajar di sekolah antara guru dan siswa. Google Classroom (Google Kelas) merupakan web gratis bagi sekolah yang diciptakan untuk membuat proses belajar mengajar bisa dilakukan tanpa tatap muka. 

Sekadar diketahui, Google Classroom diciptakan pada 12 Agustus 2014 silam dengan tujuan untuk merampingkan proses berbagi file antara guru dan siswa.

Di Indonesia, proses belajar mengajar di sebagian sekolah telah menggunakan Google Classroom. Pun, dalam pembuatannya, cara membuat Google Classroom untuk guru disiapkan di tiga tempat. Pertama bisa diakses lewat komputer, dan handphone Android serta IOS.

Berikut Cara Membuat Google Classroom untuk Guru di Komputer, Android dan IOS yang dirangkum iNewsManado.com dari laman Google, Rabu (30/11/2022): 

 

  • Komputer atau Laptop

Cara Membuat Google Classroom untuk Guru di Komputer atau Laptop akan dibahas pertama. 

Guru atau siswa bisa mengakses Google Classroom lewat komputer dengan mengetik classroom.google.com. Kemudian diisi nama kelas dan selanjutnya klik Bagian untuk memasukkan deskripsi singkat, tingkat kelas, atau jadwal kelas. Selanjutnya, klik Mata Pelajaran, lalu masukkan nama atau klik salah satu nama dari daftar yang muncul ketika memasukkan teks dan terakhir Untuk memasukkan lokasi kelas, klik Ruang dan masukkan detailnya. Klik Buat. Classroom secara otomatis membuat kode kelas yang dapat Anda gunakan untuk mengundang siswa ke kelas. Anda bisa mendapatkan kode kelas di bagian atas forum kelas kapan saja

 

  • Android 

Cara Membuat Google Classroom untuk Guru selanjutnya menggunakan handphone Android. Sebelum memulai, harus wajib menginstal aplikasi Classroom di play store. Setelah diinstal, kemudian buka aplikasi dan buat kelas. Pilih Classroom, Ketik tambahkan Buat kelas, selanjutnya klik Bagian dan tap ruang dan masukkan mata pelajaran kemudian klik Buat. 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut