get app
inews
Aa
Read Next : Nestle Indonesia Perkuat Kolaborasi dengan FOI Demi Ciptakan Generasi yang Lebih Sehat

5 Negara Kaya di Benua Afrika, No 3 Miliki Militer Terlemah

Rabu, 30 November 2022 | 15:13 WIB
header img
Negara kaya di benua Afrika yang jarang diketahui. Ilustrasi/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Negara kaya di benua Afrika akan diulas dalam artikel kali ini. Selama ini, masyarakat dunia selalu disodorkan kehidupan miskin sejumlah negara Afrika. 

Namun, menariknya di tengah hal itu, ternyata ada negara kaya di benua Afrika yang jarang diketahui publik. Secara geografis, Afrika adalah benua terbesar kedua di dunia dan kedua terbanyak penduduknya setelah Asia. 

Dengan luas wilayah 30.224.050 km² termasuk pulau-pulau yang berdekatan, Afrika meliputi 20,3% dari seluruh total daratan Bumi. Dengan 800 juta penduduk di 54 negara, benua ini merupakan tempat bagi sepertujuh populasi dunia.

Pun, sejumlah negara di Afrika terkenal rawan konflik sejak dahulu. Sehingga, banyak warganya menjadi imigran dan enggan kembali ke negara asalnya. 

Namun, sekadar diketahui Benua Afrika mempunyai kekayaan tambang alam yang besar. Barang tambangnya, antara lain tembaga, emas, uranium, dan timah yang terdapat di Zaire. Kemudian, di Negara Sudan terdapat mangan, krom, minyak bumi, tembaga, gas alam, dan emas.

Di bawah ini negara kaya di benua Afrika yang dirangkum iNewsManado.com dari berbagai sumber, Rabu (30/11/2022) :

 

  •  Nigeria

Nigeria merupakan salah satu negara kaya di benua Afrika. Nigeria memiliki kekayaan di atas Rp3.000 triliun. Nigeria adalah sebuah negara berdaulat di Afrika Barat yang berbatasan dengan Benin di sebelah barat, Chad dan Kamerun di sebelah timur dan Niger di sebelah utara. Sumber kekayaan nigeria berasal dari Migas. 

 

  • Afrika Selatan

Afrika Selatan merupakan sebuah negara kaya di benua Afrika dengan total kekayaam mencapai Rp9.000 triliun lebih. Sumber kekayaan Afrika Selata berasal dari tambang bernilai seperti emas, platinum dan berlian. Bahan tambang semula jadinya termasuk emas, kromium, antimoni, arang, biji besi, manganese, nikel, fosfat, biji timah, uranium, berlian, platinum, kuprum, vanadium, garam, gas asli.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut