get app
inews
Aa Read Next : Nestle Indonesia Perkuat Kolaborasi dengan FOI Demi Ciptakan Generasi yang Lebih Sehat

Profil Luksemburg, Negara Paling Kaya di Dunia yang Kalahkan Amerika Serikat dan Qatar

Jum'at, 25 November 2022 | 22:00 WIB
header img
Profil Luksemburg, negara paling kaya di dunia. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Negara paling kaya di dunia akan diulas dalam artikel kali ini. Lebih spesifik, negara paling kaya di dunia diukur dari Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita. 

Sejumlah kalangan menyebut negara paling kaya adalah Qatar atau Amerika Serikat. Namun, faktanya dua negara tersebut masih jauh jumlah kekayaannya. 

Negara paling kaya di dunia adalah Luksemburg. Sangat mengejutkan, karena negara ini hanya memiliki luas 2.586 kilometer. Pun, Sejak 1815, Luksemburg merupakan satu satunya negara di dunia yang masih dipimpin oleh adipati atau haryapatih sebagai kepala negara.

Namun, dari hitungan PDB per kapita, Negara yang berada di daratan Eropa Barat ini memiliki 118.503,6 dolar AS per kapita pada tahun 2021 atau senilai Rp1,8 miliar. 

Sekadar diketahui, PDB pada dasarnya merupakan jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam suatu negara tertentu, atau merupakan jumlah nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh seluruh unit ekonomi. 

Sementara, Pendapatan Per Kapita adalah ukuran jumlah uang yang diperoleh per orang di suatu negara atau wilayah geografis. Pendapatan per kapita dapat digunakan untuk menentukan pendapatan rata-rata per orang untuk suatu daerah dan untuk mengevaluasi standar hidup dan kualitas hidup penduduk.

Kedua hal di atas menjadikan Luksemburg sebagai negara paling kaya di dunia. 

Luksemburg adalah salah satu negara terkecil di Eropa. Dia berada pada peringkat ke-167 dalam ukurannya dibandingkan negara-negara lainnya. 

Kekayaan Luksemburg sendiri digunakan untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakatnya. Sebagian besar dari pendapatan Luksemburg disalurkan kepada proyek pembangunan perumahan, fasilitas kesehatan, dan pendidikan. 

Sektor industri, yang hingga belakangan ini didominasi oleh baja, kini semakin beranekaragam dan mencakup pula kimia, karet, dan produk-produk lainnya. Dalam beberapa dasawarsa terakhir, pertumbuhan dalam sektor finansial telah lebih dari menggantikan penurunan dalam baja. Sektor jasa, khususnya perbankan, menyumbangkan proporsi yang bertumbuh dari ekonomi. 

Sisi lain, Luksemburg menjadi negara paling kaya di dunia dengan perbandingan PDB per kapita yang jauh dari Qatar dan Amerika Serikat.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut