get app
inews
Aa Read Next : Nestle Indonesia Perkuat Kolaborasi dengan FOI Demi Ciptakan Generasi yang Lebih Sehat

Resmi! Pemerintah Indonesia Luncurkan Vaksin Indovac Produk Dalam Negeri

Kamis, 13 Oktober 2022 | 10:49 WIB
header img
Indonesia resmi memroduksi Vaksin Covid 19 bernama Vaksin Indovac. ilustrasi/Istimewa

BANDUNG, iNewsManado.com - Pemerintah Indonesia reami melaunching vaksin Indovac PT Biofarma yang merupakan produksi dalam negeri. Peluncuran vaksin Indovac dilakukan Presiden Jokowi di Bandung, Jawa Barat, Kamis (12/10/2022). 

Vaksin Indovac jadi kado istimewa bagi masyarakat karena Indonesia tidak perlu lagi mengimpor vaksin dari luar negeri. Indonesia berhasil memproduksi vaksin Covid-19 berkat kerja keras sumber daya manusia Indonesia dengan waktu kurang lebih 1,5 tahun.

"Mulai hari ini kita bisa memproduksi vaksin covid sendiri dengan kapasitas di tahun ini nanti kurang lebih 20 juta. Tahun depan bisa 40 juta dan kalau memang pasar masih memerlukan bisa sampai ke 120 juta dosis vaksin," ujar Jokowi.

Jokowi mengungkapkan PT Biofarma dalam setahun bisa memproduksi 3 miliar dosis vaksin. Vaksin juga diekspor ke 153 negara.

"Inilah saya kira sebuah kerja keras SDM-SDM muda kita dalam menggarap sebuah vaksin baru dari hulu sampai hilir. Ini memakan waktu. Indovac dari awal sampai sekarang 1,5 tahun juga diam nggak pernah bersuara, tahu-tahu jadi Indovac," kata Jokowi.

"Kita Biofarma ini adalah produsen yang masuk produsen vaksin yang masuk 5 besar dunia dan memproduksi bermacam-macam vaksin, baik itu vaksin polio, difteri, miningitis, flu, campak. Dan yang terakhir yang kita resmikan pada hari ini adalah vaksin covid dan kita beri nama Indovac," katanya.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut