get app
inews
Aa Read Next : Nestle Indonesia Perkuat Kolaborasi dengan FOI Demi Ciptakan Generasi yang Lebih Sehat

Idap Asam Urat? Ini Sayuran yang Aman untuk Dikonsumsi

Senin, 05 September 2022 | 16:07 WIB
header img
Sayuran aman untuk dikonsumsi penderita asam urat. Foto/Live strong/Istimewa

JAKARTA, iNewsManado.com - Bagi penderita asam urat, konsumsi sayuran tentu harus selektif karena bisa memicu penyakit tersebut. 

Asam urat umumnya dirasakan oleh mereka berusia lanjut (lansia). Asam urat adalah jenis radang sendi atau kondisi peradangan sendi. Hampir setengah dari kasus asam urat memengaruhi jempol kaki, sementara kasus lain memengaruhi jari tangan, pergelangan tangan, lutut dan tumit. 

Lantas, sayur apa saja yang aman dikonsumsi bagi penderita asam urat, berikut ulasannya dirangkum pada Senin (5/9/2022).

 

1. Sayur rendah purin

Menurut American Academy of Family Physicians, purin adalah zat alami menghasilkan produk limbah yang disebut asam urat ketika makanan kaya purin dicerna. Asam urat terkait dengan batu ginjal, radang sendi dan asam urat. Sayuran rendah purin antara lain sayuran dengan kacang-kacangan, dan biji-bijian, tomat (bisa digunakan dalam sayur atau dikonsumsi langsung atau jus), dan mentimun.

 

2. Sayur purin sedang

Menurut American Academy of Family Physicians, sayuran purin sedang meliputi asparagus, bayam, kol bunga dan jamur. Hanya karena sayuran ini mengandung purin dalam jumlah sedang, tidak berarti penderita asam urat harus menghindarinya sama sekali.

"Ada sangat sedikit sayuran yang harus dihindari penderita asam urat karena sayuran cenderung rendah purin. Namun, ada beberapa sayuran seperti bayam, kembang kol, asparagus, bit, okra, dan jamur yang harus dikonsumsi dalam jumlah sedang," keterangan livestrong.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut