get app
inews
Aa Read Next : Liga 2 Musim 2024/2025 Segera Bergulir, PT Pegadaian Kembali Resmi Jadi Sponsor Utama

Ini 4 Pemain Keturunan Indonesia di Eropa, 2 Diantaranya Siap Dinaturalisasi di Timnas

Jum'at, 12 November 2021 | 16:14 WIB
header img
Jordi Amat, salah satu pemain keturunan Indonesia yang telah diusulkan Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia untuk dinaturalisasi PSSI. (Foto: Istimewa)

Sementara itu, Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku sudah mengajukan empat pemain keturunan ke PSSI untuk diproses menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Dari empat pemain keturunan yang diajukan Shin Tae-yong, dua di antaranya Sandy Walsh dan Jordi Amat. Hanya saja, Shin Tae-yong belum menyebut dua nama lainnya.

Disinyalir, satu di antaranya adalah Mees Hilgers yang baru saja mencetak gol kemenangan 1-0 FC Twente atas Heracles Almelo di pekan ke-12 Liga Belanda 2021-2022.

“(Para pemain) ini sebenarnya tidak bisa disebut sebagai naturalisasi. Karena mereka kan sudah punya darah Indonesia. Jadi, saya sudah mengajukan ke pak ketum PSSI (Mochamad Iriawan), pak ketum akan berusaha bantu juga pastinya,” kata Shin Tae-yong kepada awak media sebelum pelepasan Timnas Indonesia ke Turki, Kamis (11/11/2021).

“Kalau empat pemain itu (semuanya) ada di Timnas Indonesia, pasti akan menjadi kuat. Sebenarnya masih ada lagi selain empat itu. Tapi, fokus dulu kepada empat pemain ini yang saya inginkan,” beber pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Sehubungan dengan itu, ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, juga tak menyangkal Shin Tae-yong mengajukan empat nama, termasuk Sandy Walsh dan Jordi Amat. Ia mengatakan PSSI akan mendalami dan mengkaji permintaan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

“Saya bilang, semua pemain itu adalah hak pelatih untuk mencari. Tak ada pemain yang tidak dia minta. Jadi, kita (PSSI) memang memberikan kebebasan untuk Shin,” ucap Iwan Bule dalam kesempatan berbeda.

“Itu tentunya akan kita dalami dan kaji. Bisa atau tidaknya dia masuk ke kita (Timnas Indonesia). Yang jelas, sudah kita sampaikan ke Shin kami harus akomodir. Ini ada pemain bagus, oke kita akomodir. Kita akomodir apa yang dia (Shin) mau selama regulasi bisa diatur,” lanjut Iwan Bule.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut