get app
inews
Aa Read Next : Mahaguru dr. Oei Yang Hae, 91 Tahun : Sepanjang Jalan Mencerahkan

Aksi Mahasiswa dalam Menghadapi Covid-19

Jum'at, 15 Oktober 2021 | 06:48 WIB
header img
Covid-19.(Foto: Ilustrasi/Shutterstock)


Magdalena Manengkey

Artikel Mahasiswa

OLEH: Magdalena Manengkey

NIM: 21304055

Program Studi: S1 Akuntansi Universitas Negeri Manado

Sejarah menunjukkan bahwa konsekuensi dari penyakit menular tidak ada tandingannya. Wabah pes di Eropa abad ke-14 menyebabkan kematian 1/3 populasi. Persis seabad lalu, dunia dihebohkan dengan merebaknya epidemi flu Spanyol yang membunuh 20-100 juta penduduk.

BACA JUGA: Pemilihan Pelsus GMIM; Kalo Tuhan So Pilih Jang Tolak, Kalo Tuhan Nda Pilih Jang Bapaksa

Sementara itu penyakit cacar (smallpox) di sepanjang abad 20 telah membunuh 300-540 juta penduduk bumi. Dunia juga sudah dihebohkan dengan penyakit-penyakit menular baru yang muncul diabad ke-20 ini, seperti Ebola, Tuberculosis, SevereAcuteRespiratory System (SARS), dan terakhir Corona Virus Disease-19 ini.

Masyarakat dunia dihebohkan dengan banyaknya dampak yang ‘dihasilkan’ wabah corona Virus Disease-19 ini. Bukan hanya terbatas pada persoalan medis, dunia dan segenap masyarakatnya harus ‘menelan pil pahit’, lantaran wabah Corona Virus Disease-19 ini berpengaruh terhadap seluruh dimensi kehidupan masyarakat. Bagi kita para mahasiswa, wabah corona Virus Disease-19 ini juga berdampak secara langsung terhadap segi-segi kehidupan kita. Lantas, apa yang bisa kita lakukan? Apakah berdiam diri di rumah saja sudah cukup menjadi ‘jalan ninja’ kita dalam menyikapi pandemi ini?

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut