get app
inews
Aa Read Next : Biden-Trump Dianggap Rusak Demokrasi Jika Maju Pilpres Amerika 2024

Joe Biden Bakal Temui Mohammed bin Salman, Nama Jalan Kedubes Saudi di AS Diganti Jamal Khashoggi

Kamis, 16 Juni 2022 | 12:36 WIB
header img
Protes keras terjadi di AS saat heboh pemberitaan Joe Biden bakal bertemu Mohammed bin Salman.(F: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id – Protes keras rencana pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Putra Mahkota Arab Saudi Putra Mahkota Mohammed bin Salman, terus berdatangan.

Terbaru, nama jalan di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Arab Saudi di Washington diganti namanya menjadi Jamal Khashoggi .

Penggantian nama ini dilakukan Rabu (15/6/2022), ketika Presiden Joe Biden berencana berkunjung ke Saudi untuk bertemu Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Pemerintah lokal Ibu Kota AS sengaja mengubah nama jalan di depan Kedubes Saudi dengan tulisan "Jamal Khashoggi Way" untuk menghormati jurnalis Saudi yang dibunuh dan dimutilasi di dalam Konsulat Saudi di Istanbul pada 2018. "Jalan ini akan berfungsi sebagai pengingat terus-menerus, peringatan untuk memori Jamal Khashoggi yang tidak dapat ditutup-tutupi," kata Phil Mendelson, presiden Dewan Distrik Columbia yang memilih dengan suara bulat untuk mengganti nama bentangan New Hampshire Avenue.

Dedikasi yang dijadwalkan sebelumnya datang satu hari setelah Gedung Putih mengumumkan bahwa Biden akan melakukan perjalanan bulan depan ke Arab Saudi dan bertemu dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Menurut intelijen AS, Mohammed bin Salman adalah sosok yang memberi izin pembunuhan terhadap jurnalis pembangkang Saudi tersebut.

Biden sebelumnya berjanji untuk memberikan status paria kepada Arab Saudi atas masalah hak asasi manusia (HAM) termasuk pembunuhan Khashoggi, yang telah menulis secara kritis tentang pangeran yang berkuasa di The Washington Post.

Tawakkol Karman, seorang aktivis dan penulis Yaman yang memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian, mengatakan pada upacara penggantian nama jalan bahwa kunjungan Biden mendatang berarti telah meninggalkan komitmennya untuk mendukung HAM di seluruh dunia.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut