10 Gitar Termahal Di Dunia, Urutan ke Lima Keberadaannya Masih Misteri

Norman Octavianus
Foto: Istimewa

JIKA anda seorang gitaris atau sekedar hobi mengoleksinya, maka anda harus tahu ada beberapa gitar di dunia yang memiliki harga sangat fantastis. 

Dari jenis kayu terbaik baik, pick-up dan senar yang berkualitas, ditambah rancangan dari sang ahli, maka nilainya pun akan bertambah. 

Namun, anda tidak akan menemukan gitar-gitar ini di toko gitar lokal seperti jenis gitar pada umumnya. Itu pasti, karena ini adalah jenis yang terbaik di dunia. 

Dari gitar yang dimainkan oleh legenda musik blues seperti Jimi Hendrix dan Eric Clapton, hingga gitar yang dirancang khusus untuk sang legenda band rock Jerry Garcia. 

Inilah daftar 10 gitar termahal di dunia yang dikutip dari wealthygorilla.com yang telah dirangkum dari berbagai sumber di web seperti Money Inc, String Joy dan Guitar Player. 

10. Jerry Garcia’s Custom Doug Irwin “Tiger”, harga USD 957,500.


Foto: Istimewa

Jerry Garcia adalah gitaris utama dalam grup band Grateful Dead. Dia memainkan gitar Doug Irwin yang dibuat khusus selama satu dekade penuh dari 1979 – 1989. 

Doug Irwin custom adalah gitar terakhir yang pernah dimainkan di depan umum, yang merupakan salah satu alasan mengapa gitar tersebut banyak diminati di pelelangan. 

Custom Doug Irwin "Tiger" Jerry Garcia dijual di pelelangan oleh juru lelang Guernsey pada tahun 2002 seharga USD 957.500 kepada Jim Irsay, pemilik dan CEO Indianapolis Colts. 

9. Eric Clapton’s “Blackie”, harga USD 959,000. 


Foto: Istimewa

Cerita berawal saat Eric Clapton yang memutuskan untuk membeli enam gitar, tiga gitar diantaranya diberikan kepada Pete Townsend, George Harrison dan Steve Winwood. 

Clapton mengambil bagian-bagian dari tiga gitar yang tersisa untuk kemudian di gabungkan kembali menjadi sebuah gitar yang dijulukinya "Blackie". 

Itu menjadi gitarnya yang paling terkenal, karena selalu dipakai merekam di studio dan memainkannya di pertunjukan live yang tak terhitung jumlahnya. 

Dalam perjalanan karirnya pada tahun 1985, "Blackie" akhirnya pensiun dari dunia musik Clapton, dan kemudian menjualnya di pelelangan pada tahun 2004. 

8. Bob Dylan’s “New Port Folk Festival” 1964 Fender Stratocaster, harga USD 965,000.


Foto: Istimewa

Menjadi gitar listrik pertama yang dimainkan Bob Dylan selama pertunjukan live. 

Ini menandai waktu dalam sejarah ketika penggemarnya sendiri benar-benar mencemoohnya di atas panggung, karena mereka tidak terkesan dengan gitar yang dipakainya. 

Mereka terbiasa dengan versi akustik dari semua lagunya, dan mereka memastikan untuk memberi tahu dia ketika dia tampil di atas panggung di Newport Folk Festival pada tahun 1965. 

Penampilan dan pilihan gitar oleh Bob Dylan ini menandai transisinya untuk menggunakan lebih banyak instrumen elektronik. 

7. Keith Richards 1959 Les Paul, harga USD 1 juta. 


Foto: Istimewa

Gitar satu ini dimainkan oleh Keith Richards selama penampilan debut Rolling Stones di acara Ed Sullivan, yang merupakan momen penting dalam sejarah Rock and Roll. 

Banyak grup band dan artis terkenal yang sebagian berutang dari kesuksesan mereka ke tempat mereka di Ed Sullivan Show. 

6. Gibson Korina Explorer 1958, harga USD 1.1 juta. 


Foto: Istimewa

Gitaris ternama seperti Slash, Kirk Hammett dan Rick Neilson pun telah memainkan gitar ini di beberapa konser dalam karir mereka. 

Hanya sekitar sepuluh unit dari gitar ini yang pernah dibuat. Jadi ketika Anda menggabungkan kelangkaan dan bentuk yang tidak biasa dari gitar ini dengan sejarah pemainnya, mudah untuk melihat mengapa gitar satu ini berhasil terjual dengan harga USD1,1 juta saat di lelang. 

5. Bob Marley’s Washburn 22 Series Hawk, harga USD 1.2 juta.


Foto: Istimewa

Diurutan ke lima daftar gitar termahal di dunia ini adalah milik Bob Marley. 

Bob Marley, mungkin merupakan artis Reggae paling terkenal yang pernah ada, hanya memiliki tujuh gitar sepanjang hidupnya. 

Salah satu gitar itu adalah Washburn 22 Series Hawk ini, yang dia berikan sebagai hadiah kepada teknisi gitarnya, Gary Clausen. 

Ada desas-desus bahwa Pemerintah Jamaika yang menyatakan gitar sebagai harta nasional membeli gitar ini saat lelang dengan harga antara USD 1,2 – USD 2 juta. 

Namun, keberadaan gitar tersebut sampai saat ini masih belum diketahui siapa pemiliknya. 

4. Jerry Garcia’s “Wolf”, harga USD 1.9 juta. 


Foto: Istimewa

Mirip dengan custom Doug Irwin, "Tiger", namanya berasal dari karya seni berbentuk  serigala yang di kustom di tubuh gitarnya. 

Penjualan "Wolf" adalah bagian dari penggalangan dana untuk Southern Poverty Law Centre, dan "Wolf" di lelang pada tahun 2002 dengan harga hampir mencapai USD 2 juta. 

3. Jimi Hendrix’s 1968 Fender Stratocaster, harga USD 2 juta. 


Foto: Istimewa

Stratocaster tangan kanan dengan finishing putih olimpyc mungkin terlihat tidak ada yang istimewa jika dibandingkan dengan beberapa gitar lain dalam daftar. 

Namun akan bernilai tinggi saat dimainkan oleh Jimi Hendrix di festival musik Woodstock 1969, di mana pertunjukan legendaris "The Star-Spangled Banner" berlangsung. 

Karena sejarahnya yang unik, Paul Allen, salah satu pendiri Microsoft, membeli gitar tersebut pada tahun 1998 dengan harga sekitar USD 2 juta. 

2. John Lennon’s 1962 Gibson J-160E Acoustic Electric, harga USD 2.4 juta. 


Foto: Istimewa

Satu-satunya gitar akustik yang masuk dalam daftar gitar termahal di dunia, pastilah memiliki sesuatu yang spesial, dan ini yang membuatnya menjadi spesial. 

Akustik listrik Gibson J-160 E tahun 1962 milik John Lennon adalah salah satu dari sepasang gitar akustik yang hampir identik, dibeli oleh John Lennon dan George Harrison di London pada tahun 1962. 

Gitar ini digunakan untuk menulis lagu bersama dengan Paul McCartney, diantaranya lagu-lagu Beatles seperti, "I Saw Her Standing There" dan "She Loves You". 

Setelah The Beatles manggung pada tahun 1963, gitar tersebut entah bagaimana tiba-tiba menghilang dan akhirnya dianggap telah hilang. Namun kemudian muncul kembali beberapa tahun kemudian. 

Dari harga pembelian awalnya sebesar £161 pada tahun 1962, gitar akustik tersebut kemudian dijual di lelang pada tahun 2014 kepada penawar anonim, dengan harga yang fantastis yaitu USD 2,41 juta. 

1. “Reach Out To Asia” Fender Stratocaster, harga USD 2.7 juta.


Foto: Istimewa

Dan daftar gitar termahal di dunia urutan pertama yaitu "Reach Out To Asia" Fender Stratocaster, yang terjual dengan harga USD 2,7 juta pada tahun 2015. 

Gitar ini adalah hasil dari project “Reach Out To Asia” Bryan Adams, yang didirikan untuk membantu para korban gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia 2004. Yang menewaskan sekitar 230.000 orang di 14 negara.

Gitar ini memiliki keunikan tersendiri karena memiliki beberapa tanda tangan bintang rock paling terkenal yang ada di sekujur tubuh gitarnya.

Gitar tersebut ditandatangani total sembilan belas artis dan gitaris terkenal seperti Jimmy Page, Mick Jagger, Eric Clapton, Keith Richards, Brian May, David Gilmour, Jeff Beck, Liam Gallagher, Angus dan Malcolm Young dan Brian Adams.

“Reach Out To Asia” dijual dipelelangan pada tahun 2015 oleh Sotheby's dengan harga USD 2,7 juta, menjadikannya gitar termahal yang terjual dalam sejarah.

Itulah 10 daftar gitar termahal di dunia yang dikutip dari wealthygorilla.com.

Apa gitar termahal favorit kamu?

 

Editor : Norman Octavianus

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network