Fosil Ichthyosaurus 250 Juta Tahun Ditemukan, Ini Keistimewaannya

Tim iNewsManado
Sejumlah ilmuwan Chili dilokasi penemuan fosil. (F: Reuters)

SANTIAGO, iNews.id – Fosil Ichthyosaurus 250 juta tahun ditemukan sejumlah ilmuwan Chili.

Penemuan salah satu fosil ichthyosaurus terlengkap di dunia dengan embrio utuh dari Gletser Tyndall dideteksi wilayah Patagonia, Chili.

Dilansir Reuters, reptil laut purba yang diawetkan dan hamil itu dijuluki "Fiona" oleh para ilmuwan. Fosil sepanjang 4 meter akan membantu para ilmuwan mempelajari perkembangan embrio pada ichtyosaurus, yang menjelajahi lautan antara 90 dan 250 juta tahun yang lalu.

Fosil itu "adalah satu-satunya ichthyosaurus hamil yang ditemukan di planet ini dari era antara 129 dan 139 juta tahun lalu," kata Judith Pardo, ilmuwan yang menemukan fosil tersebut. "Jadi ini sangat penting."

Pardo, ahli paleontologi di Pusat Penelitian Antartika GAIA Universitas Magallanes, menemukan fosil itu lebih dari satu dekade lalu, tetapi kondisi iklim yang ekstrem, medan yang keras, dan keterpencilan situs membuat ekstraksi menjadi tantangan logistik yang kompleks.

BACA JUGA: Habis Masa Jabatan, 5 Daerah Ini Resmi Miliki Pj Gubernur

Para ilmuwan menghabiskan 31 hari mengekstraksi fosil yang kemudian harus diterbangkan dengan helikopter keluar dari situs. Karena fosilnya sangat lengkap, ahli paleontologi mengatakan mereka harus mengekstrak lima balok seberat 200 kilogram untuk menjaga tulang tetap utuh.

Fosil itu sekarang sedang dipersiapkan untuk dipamerkan di Museum Sejarah Alam Rio Seco di Chili selatan.

Pardo mengatakan para ilmuwan juga menemukan 23 spesimen ichthyosaurus selama kampanye, sehingga total hampir 100 ditemukan di Gletser Tyndall dan menjadikan wilayah itu salah satu situs ichthyosaurus yang paling melimpah dan terpelihara dengan baik di planet ini.

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network