Anda Golongan Darah B? Ini 7 Menu Diet yang Direkomendasikan

Ayuningtyas Notomihardjo
Menu diet. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id – Pola diet menjadi hal lazim di Indonesia saat ini. Bukan saja para wanita, namun pria juga tertarik menjalani pola diet.

Diet bukan saja bermanfaat untuk menurunkan badan, namun bisa menjaga kesehatan tubuh.

Nah, ternyata pola diet juga harus disesuaikan dengan golongan darah seseorang. Dirangkum dari berbagai sumber, pola diet disesuaikan dengan golongan darah wajib diperhatikan. Karena ada jenis makanan yang tidak cocok dengan golongan darah tertentu.

BACA JUGA: Marcus Gideon Dicoret dari Tim Piala Thomas Indonesia 2022

Pembahasan kali ini adalah tentang pola diet yang cocok untuk seseorang yang bergolongan darah B.

Melansir dari SFGate, berikut adalah 7 Menu Diet Golongan Darah B yang perlu Anda ketahui.

BACA JUGA: Ingin Mudik? Gunakan 2 Aplikasi GPS Ini

1.Daging dan Ikan

Yang pertama, ialah sumber makan makanan tinggi protein hewani dari bahan pangan dijinakkan dan diburu.

itu sebabnya, golongan darah B dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi daging kambing, domba, kelinci, daging rusa dan ikan seperti salmon, sarden, halibut, mackerel, sea trout, sole dan flounder.

kandungan protein cukup bisa menjadi sumber energi dalam menjalani kehidupan sehari-hari, disamping itu konsumsi dagaing nyatanya juga dapat  meningkatkan kualitas metabolisme orang dengan golongan darah B.

 

2.Sayuran hijau

Orang yang memiliki golongan darah B harus makan berbagai sayuran setiap hari, terutama sayuran hijau, yang akan membantu penurunan berat badan dengan mempercepat metabolisme.

Sayuran hijau yang paling bermanfaat untuk mereka golongan darah B ialah brokoli, kubis, kangkung, sawi, daun bit, dan sawi.

Kemudian bahan pangan ubi, ubi jalar, wortel, kubis merah dan putih, terong, parsnip dan semua jenis paprika, juga dianggap sebagai pilihan yang baik untuk orang tipe B, yang sedang menjalani diet.

3. Telur dan susu rendah lemak

Kemudian untuk asupan produk susu, seseorang dengan golongan darah B sangat dianjurkan untuk konsumsi yogurt, susu rendah lemak atau tanpa lemak, susu kambing atau keju seperti mozzarella, ricotta, cottage, feta atau keju.

Sedangkan untuk konsumsi telur, beberapa peneliti merekomendasikan untuk memakan tidak lebih dari tiga atau empat telur per Minggu.

Namun untuk orang Asia, para peneliti justru  mengajurkan menyantapnya sekitar lima atau enam per hari, catat!

 

4.Oat dan Nasi

Sementara itu, gandum, jagung, dan gandum hitam dilarang untuk dikonsumsi oleh orang dengan golongan darah B yang sedang menjalani diet.

Sedangkan biji-bijian sereal seperti gandum, dedak gandum, dedak padi, roti beras merah, kue beras, atau produk lainnya yang dibuat dengan oat atau tepung beras sangat dianjurkan dijadikan menu untuk diet.

 

5.Teh

Bagi orang yang memiliki golongan darah B, teh licorice dikalim merupakan asupan yang baik untuk menghindari hipoglikemia, atau gula darah rendah.

Minuman bermanfaat lainnya termasuk teh hijau, teh herbal yang mengandung peppermint, jahe, ginseng, sage, rosehip atau daun raspberry.

6.Jus

Selain itu buah yang  diolah dengan cara dihaluskan menjadi jus sangat cocok untuk mengonsumsinya secara rutin bagi orang dengan golongan darah B pada menu dietnya.

Sedangkan buah yang cocok untuk Anda konsumsi sebagai menu diet ialah nanas, anggur, pepaya, cranberry atau kubis.

 

7.Quinoa atau sereal beras

Panganan seperti quinoa, roti pumpernickel, pasta semolina, roti tepung kedelai, nasi putih, coklat dan beras basmati dianggap sebagai makanan netral dan bisa untuk dijadikan menu diet golongan darah B.

Sebab, makanan tersebut diperbolehkan tetapi tidak dianggap sangat bermanfaat.

Hindari seperti makanan olahan jagung,  tomat, kacang tanah, biji wijen, gandum, dan ayam.  Mengingat, kandungan lemak lebih banyak tersimpan dan mengendap dalam sumber pangan tersebut.

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network