Ini Cara Login WhatsApp Tanpa Nomor HP

Norman Octovianus/net_Manado
Cara login WhatsApp tanpa nomor HP. Ilustrasi/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - WhatsApp kini secara bertahap memperkenalkan fitur verifikasi yang memungkinkan pengguna untuk masuk ke akun mereka menggunakan alamat email, tanpa perlu mengandalkan nomor telepon. 

Menurut laporan dari WAbetainfo, fitur ini sudah tersedia untuk pengguna iPhone setelah pembaruan WhatsApp terbaru, dan diharapkan akan segera hadir untuk pengguna Android. Fitur ini dapat diakses melalui aplikasi WhatsApp versi 23.24.70.

Fungsi utama dari fitur ini adalah sebagai metode cadangan untuk login, terutama ketika pengguna mengalami kesulitan menerima kode verifikasi one-time password (OTP) yang biasanya berupa enam digit angka. Kode OTP ini umumnya dikirimkan melalui SMS ke nomor yang terdaftar.

"Ketika Anda mengaktifkan verifikasi dua langkah, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email. Ini membantu melindungi akun Anda dengan memungkinkan WhatsApp mengirimkan tautan pengaturan ulang melalui email jika Anda lupa PIN, serta mengirimkan kode verifikasi saat mendaftar akun," tulis WhatsApp dalam penjelasannya, seperti dikutip pada Jumat (24/11/2023).

Namun, penting untuk dicatat bahwa WhatsApp tetap mempertahankan verifikasi melalui nomor telepon. Fitur email ini hanya ditambahkan sebagai opsi tambahan untuk meningkatkan keamanan login.

Untuk dapat menerima kode OTP melalui email, pengguna harus terlebih dahulu mengaitkan alamat email dengan akun WhatsApp mereka dan memastikan bahwa alamat email tersebut aktif. Kode OTP untuk verifikasi saat login akan dikirimkan ke alamat email yang telah ditautkan.

Langkah-langkah untuk menambahkan email adalah sebagai berikut: buka Pengaturan > Akun > Alamat Email. Kemudian, masukkan alamat email aktif di kolom yang disediakan untuk menerima kode OTP enam digit saat login ke WhatsApp. 

Kode OTP tersebut akan dikirim ke alamat email yang terdaftar sebagai bagian dari proses verifikasi. WhatsApp menjamin bahwa selama proses pengaitan, alamat email pengguna akan tetap bersifat pribadi dan tidak dapat diakses oleh kontak mana pun.

Pengguna juga bebas menggunakan ID email apa pun, tanpa harus menggunakan akun yang sama dengan yang digunakan untuk mencadangkan obrolan WhatsApp.

Itulah cara login WhatsApp tanpa Nomor HP. Semoga Bermanfaat!

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network