1 Juta Rakyat Ukraina Mengungsi Akibat Invasi Rusia

Rahman Asmardika
Para pengungsi Ukraina. (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id – Dampak perang Rusia Ukraina, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa satu juta pengungsi kini telah melarikan diri dar Ukraina ke negara-negara tetangga. Jumlah tersebut diumumkan sepekan setelah Rusia memulai operasi militer ke negara tetangganya itu.

Sebagian besar pengungsi dari Ukraina mencari perlindungan ke Polandia, Hungaria, dan Rumania yang bertetangga. Sebagian lainnya mangungsi ke Moldova, Slovakia, dan negara-negara Eropa lain.

Sebelumnya, puluhan ribu pengungsi dari Wilayah Donetsk dan Luhansk, yang secara kolektif disebut sebagai Donbass, di Ukraina timur, telah mengungsi ke Rusia.

BBC melaporkan bahwa krisis pengungsi pada 2015 melibatkan 1,3 juta orang dan jumlah itu hampir dilampaui pengungsi dari Ukraina hanya dalam waktu seminggu.

Dalam sebuah pernyataan di Twitter, Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi Filippo Grandi memohon agar “penggunaan senjata dihentikan” sehingga bantuan kemanusiaan yang menyelamatkan nyawa dapat diberikan" kepada jutaan orang yang tetap tinggal di Ukraina.

Badan tersebut telah memperkirakan konflik akan membuat sekitar 12 juta orang kehilangan tempat tinggal dan membutuhkan bantuan.

Pada Rabu (2/3/2022) Kantor hak asasi manusia PBB mengatakan bahwa pihaknya mengonfirmasi 227 warga sipil telah tewas dan 525 terluka akibat serangan Rusia di Ukraina hingga Selasa (1/3/2022) tengah malam.

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network