AirAsia Tambah Rute Internasional Baru dari Kota Kinabalu dengan Penerbangan Langsung ke Manado

Subhan Sabu
Water salute sambut penerbangan perdana AirAsia dengan rute baru Kinabalu-Manado-Kinabalu (Foto: Istimewa)

MANADO, iNewsManado.id - AirAsia kembali menambah rute internasional terbarunya yang menghubungkan Sabah, Malaysia dengan Indonesia. Kali ini maskapai berbiaya hemat terbaik dunia selama 15 kali berturut-turut versi Skytrax ini menghubungkan Sabah, Malaysia dengan Indonesia melalui penerbangan langsung dari Kota Kinabalu menuju Manado yang diresmikan Minggu (1/9/2024).

Penerbangan yang dioperasikan oleh AirAsia Malaysia (kode penerbangan AK) ini menjadi rute ketiga setelah Jakarta dan Denpasar yang telah dioperasikan oleh Indonesia AirAsia (kode penerbangan QZ).

Zamani Mohd Rafique, Director, Government Relations and ASEAN Affairs of AirAsia Malaysia mengatakan dengan penambahan rute ini, kami sebagai grup berharap dapat mendukung pertumbuhan pariwisata dan ekonomi di kedua kota, serta memberikan kontribusi positif bagi hubungan Indonesia dan Malaysia. 

"Rute ini juga sekaligus memperkuat jaringan internasional AirAsia dari Kota Kinabalu yang akan mengoperasikan total 13 rute internasional dengan 83 penerbangan mingguan mulai September 2024,” kata Zamani.

Zamani juga menambahkan, pembukaan rute baru ini menegaskan komitmen AirAsia untuk menyediakan lebih banyak pilihan perjalanan baik domestik maupun internasional yang terjangkau dan mudah diakses oleh wisatawan. 

Setelah keberhasilan rute Jakarta - Kota Kinabalu dengan tingkat keterisian mencapai 87 persen sejak Februari lalu, menyusul Denpasar - Kota Kinabalu dengan 92 persen pada penerbangan perdananya, Zamani optimis bahwa rute ini akan mengulangi kesuksesan tersebut.

Penerbangan perdana AirAsia dengan nomor penerbangan AK 1797 dari Kota Kinabalu International Airport (BKI), mendarat dengan sempurna di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara (MDC) pada pukul 11.00 WITA dengan membawa 101 penumpang yang disambut dengan water salute.

Steve Kepel, Sekretaris Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan peluncuran penerbangan AirAsia rute Kota Kinabalu - Manado adalah pencapaian yang signifikan
bagi pengembangan pariwisata dan ekonomi di Sulut. 

"Kami menyambut baik adanya konektivitas baru ini yang akan meningkatkan arus wisatawan dan investasi ke daerah kami. Semoga penerbangan ini dapat mempererat hubungan antara Sulawesi Utara dan Malaysia serta membuka peluang baru bagi kemajuan bersama,” tutur Steve Kepel.

Sementara itu, Julinus Jeffery Jimit, Chief Executive Officer dari Sabah Tourism Board (STB), menyatakan bahwa lebih dari 90 persen kedatangan ke Sabah dilakukan melalui udara, ada permintaan perjalanan yang signifikan pasca pandemi baik untuk domestik maupun internasional ke Sabah. 

"Kami percaya konektivitas penerbangan akan terus meningkat oleh maskapai lokal dan asing ke Sabah," ujarnya.

Menurutnya, Ini bagus untuk menjaga ekosistem industri pariwisata yang dinamis di Sabah. Kami siap menyambut lebih banyak wisatawan dari Manado dan provinsi lainnya di Indonesia. 

"Saya yakin mereka akan menikmati destinasi kami, merasakan budaya unik, alam, dan petualangan di Sabah, Borneo Utara," tambahnya.

Selain itu Rafail Walangitan, Consulate General of Republic of Indonesia Kota Kinabalu juga mengatakan bahwa peresmian penerbangan AirAsia rute Kota Kinabalu - Manado merupakan
langkah penting dalam memperkuat hubungan antar daerah dan mempromosikan pariwisata kedua kota. 

"Kami berharap penerbangan ini tidak hanya mempermudah mobilitas warga, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi lokal serta mempererat kerjasama antara Indonesia dan
Malaysia. Selamat atas peluncuran rute baru ini, dan semoga sukses dalam membawa manfaat bagi masyarakat kedua belah pihak," ucap Rafail.

Menurut data terbaru yang dirilis Imigrasi dan Angkasa Pura I Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, untuk semester (Januari-Juni) 2024, kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulut mengalami lonjakan signifikan, dengan peningkatan sebesar 320 persen dibandingkan tahun 2023. 

Ini adalah kunjungan tertinggi sejak pandemi Covid-19 dan sudah mendekati angka capaian sebelum pandemi. Wisatawan dari Malaysia menunjukkan minat yang tinggi terhadap Manado, Sulut sebagai destinasi wisata. 

Daya tarik utama seperti Taman Laut Bunaken yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya, panorama Gunung Klabat, serta kekayaan budaya Minahasa, menjadikan Manado pilihan populer bagi wisatawan Malaysia yang mencari petualangan alam dan pengalaman budaya yang autentik di Indonesia. 

Dengan aksesibilitas yang semakin baik melalui penerbangan langsung ini, jumlah kunjungan wisatawan Malaysia ke Manado diperkirakan akan terus meningkat.

Sedangkan sejak awal dibukanya rute Jakarta - Kota Kinabalu pada februari lalu, Indonesia AirAsia (kode penerbangan QZ) telah berhasil mengangkut 24,560 penumpang dengan
frekuensi terbang 3x seminggu. 

Diharapkan wisatawan dari Manado turut menyumbang lebih banyak lagi wisatawan menuju Kota Kinabalu yang menawarkan keindahan alam serta budaya yang kaya. Wisatawan dapat mendaki Gunung Kinabalu untuk menikmati matahari terbit dari ketinggian 4.095 meter atau menikmati matahari terbenam di Pantai Tanjung Aru. 

Destinasi wisata lainnya termasuk Sabah State Museum, Mari Mari Cultural Village, Atkinson Clock Tower, Gaya Street Sunday Market, KK Waterfront, dan Tanjung Aru Perdana Park.

Jadwal Penerbangan Indonesia AirAsia dari Kota Kinabalu (BKI) ke Manado (MDC) Terbang 3x seminggu (Senin, Jumat dan Sabtu). Seluruh tiket penerbangan AirAsia dapat dipesan melalui aplikasi airasia MOVE (dahulu airasia Superapp), website airasia.com, online travel agent, dan agen perjalan resmi lainnya. 

Untuk pemesanan tiket rombongan berjumlah 10 orang atau lebih, calon penumpang dapat menghubungi layanan Group Desk AirAsia melalui email ke groupbooking_id@airasia.com.
Indonesia AirAsia selalu mengedepankan standar keamanan dan keselamatan di setiap penerbangannya. 

Indonesia AirAsia pun sudah diakui secara resmi sebagai operator yang telah menyelesaikan audit keselamatan operasional yang dilakukan oleh International Air Transport Association (IATA), atau yang dikenal dengan IATA Operational Safety Audit (IOSA).

Indonesia AirAsia mengingatkan kepada para penumpang untuk mematuhi ketentuan bagasi kabin yang hanya bisa membawa tas atau barang bawaan dengan berat maksimal 7 Kg per
orang. Jika melebihi dari berat yang ditentukan, dianjurkan untuk memasukkannya ke dalam
bagasi terdaftar melalui konter check in di Bandara keberangkatan.

Indonesia AirAsia terus mengimbau para pelanggan yang akan bepergian untuk memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan terbaru yang ditetapkan oleh pemerintah. Untuk berita terkini, kegiatan, dan promosi terbaru airasia, ikuti Twitter (twitter.com/airasia_indo), Facebook (facebook.com/flyairasia.id), dan Instagram (instagram.com/flyairasia.id).

Editor : Subhan Sabu

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network