Hari Libur 2024: Apakah Hari Waisak 23 Mei 2024 Libur Nasional?

Norman Octovianus/net_Manado
Hari Waisak 2024 akan diperingati pada 23 Mei. Ilustrasi/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Apakah hari waisak 23 mei 2024 libur nasional? Itu pertanyaan yang muncul dari setiap pelaksanaan hari raya keagaaman di Indonesia. 

Sebagai informasi, pemerintah melalui SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024, telah menetapkan tanggal merah untuk hari libur nasional peringatan Hari Raya Waisak 2568 BE pada tanggal 23 Mei 2024.

Sebagai informasi, Waisak atau Vesākha Pūjā merupakan hari suci terpenting Buddhisme yang memperingati kelahiran, kecerahan, dan wafatnya Buddha Gotama. Kata vesak berasal dari istilah Pāli vesākha atau Sanskerta vaiśākha untuk nama bulan Vaisakha pada kalender India kuno, yang diyakini sebagai bulan kelahiran Buddha. 

Waisak disebut juga dengan Tri Suci Waisak. Hari suci tersebut diperingati untuk mengenang tiga peristiwa penting dalam hidup Siddharta Gautama atau Sang Buddha yang semuanya terjadi pada bulan Waisak, yaitu kelahiran, pencerahan, dan parinibbana.

Menjelang Waisak, ada tradisi yang dilakukan umat Buddha di Mojokerto, Jawa Timur. Umat Buddha akan menggelar serangkaian tradisi memandikan patung Buddha Maha Paranibbana atau yang jamak disebut patung Buddha tidur. Patung Buddha yang berada di Mojokerto itu menjadi patung Buddha terbesar di Indonesia.

Diketahui, Tanggal Waisak berubah setiap tahun disebabkan karena perayaan ini terjadi saat bulan purnama pertama bulan lunar kuno Waisak yang biasanya jatuh pada Mei atau awal Juni. Waisak adalah hari untuk memperingati lahirnya Siddhartha Gautama atau juga dikenal sebagai sang Buddha.

Dalam perayaan hari Waisak, Kirab Waisak dilaksanakan dengan kegiatan pawai atau perjalanan beriring-iringan oleh sekelompok orang dalam rangka merayakan Hari Raya Tri Suci Waisak. Kegiatan Kirab Waisak 2024 dapat juga diikuti oleh masyarakat umum yang ingin turut serta memeriahkan acaranya.

Itulah pembahasan apakah hari waisak 23 mei 2024 libur nasional? Semoga bermanfaat! 

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network