Ratusan Warga Penuhi Apron Lanud Sam Ratulangi Ingin Melihat Pesawat Tempur Dari Dekat

Subhan Sabu
Ratusan warga memenuhi apron Lanud Sam Ratulangi untuk melihat Pesawat F-16 TNI AU dan F-35 RAAF lebih dekat (Foto : Istimewa)

MANADO, iNewsManado.com - Ratusan warga memenuhi apron Lanud Sam Ratulangi untuk melihat Pesawat F-16 TNI AU dan F-35 RAAF lebih dekat dalam acara yang bertajuk Gebyar Dirgantara Lanud Sam Ratulangi: Open Base Latma Elang Ausindo 2023, Manado. Sabtu (23/9/2023).

Sejatinya acara dimulai pukul 09.00 WITA, namun para warga sudah mulai berdatangan sejak pagi sambil membawa keluarga untuk melihat secara langsung pesawat tempur TNI AU dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Madiun dan RAAF Australia.

Open Base ini, menurut Danlanud Sam Ratulangi Marsma TNI Muhammad Mujib merupakan bagian dari kegiatan Latihan Bersama (Latma) Elang Ausindo 2023 untuk mengenalkan alutsista yang dipergunakan selama latihan berlangsung dan meningkatkan minat kedirgantaraan, serta rasa cinta terhadap tanah air.

Lanud Sam Ratulangi menyambut baik kegiatan ini, selain static show pesawat F-16 TNI AU dan F-35 RAAF, juga diadakan lomba fotografi yang memperebutkan jutaan rupiah dengan kategori pelajar, masyarakat umum, dan wartawan. 

Selain itu juga lomba mewarnai kategori anak TK, demonstrasi Brigan Satpom Lanud Sam Ratulangi, dan diisi acara hiburan yang menarik para pengunjung.

Bertepatan dengan HUT Ke-59 Provinsi Sulawesi Utara, TNI Angkatan Udara dalam hal ini Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi turut mengambil bagian dalam even tersebut dengan menurunkan tiga pesawat F-16 untuk flypast di atas Lapangan Pohon Kasih, Kawasan Megamas, tempat diselenggarakannya Upacara HUT Ke-59 Provinsi Sulawesi Utara.

“Ini merupakan ajang bagi TNI AU, khususnya Lanud Sam Ratulangi untuk meningkatkan minat kedirgantaraan di Provinsi Sulawesi Utara sekaligus lebih mendekatkan diri ke masyarakat,” ujar Marsma TNI Muhammad Mujib.

Sementara itu, salah satu pengunjung mengatakan sangat senang dapat melihat lebih jelas dan lebih dekat pesawat tempur Indonesia dan Australia, bahkan merasa takjub menyaksikan pesawat F-16 take off, flypast, dan landing. Tidak jarang seluruh pengunjung yang memandati apron Lanud Sam Ratulangi mengabadikan momen spesial ini dengan gawai yang dibawanya.

Editor : Subhan Sabu

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network