Imunomodulator, Apakah Aman Dikonsumsi Tiap Hari? Berikut Penjelasannya

Muhammad Sukardi
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

BERBAGAI cara sering dilakukan setiap orang untuk meningkatkan imunitas tubuh dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini. Mulai dari berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, hingga multivitamin

Namun yang menjadi pertanyaan, apakah produk peningkat imun atau imunomodulator aman dikonsumsi setiap hari? Pakar Kesehatan Maily, S.Si, M.Biomed, menerangkan bahwa konsumsi imunomodulator setiap hari tidak memiliki efek samping negatif.

"Sebab, kita enggak akan tahu apakah imun kita sedang turun atau tidak," ujar Maily.

Dengan mengonsumsi imunomodulator setiap hari, itu memastikan tubuh Anda terjaga kualitas imun dan antibodi yang bertugas melawan virus selalu dalam kondisi prima. Jadi, tidak masalah buat Anda mengonsumsi produk imunomodulator setiap hari.

Tapi, ada catatan penting yang diberikan Maily di sini. Menurutnya, pastikan bahan-bahan yang terkandung di dalam produk imunomodulator tersebut sudah teruji khasiatnya secara ilmiah.

Misalnya dengan produk yang mengandung bahan alami seperti jahe, meniran, kunyit, kencur, temulawak, dan madu. Keenam zat imunomodulator tersebut sudah dipercayai membantu meningkatkan imunitas tubuh sejak zaman nenek moyang.

"Tidak hanya sudah menjadi budaya, tetapi keenam bahan alami tersebut juga diakui secara medis karena penelitian ilmiah mengenai bahan aktif dari 3 bahan alami itu terbukti membawa manfaat untuk tubuh," ucap Maily

Secara lebih detail, Maily juga menerangkan manfaat dari bahan alami yang terdapat pada produk imunomodulator bagi kesehatan tubuh. 

Meniran

Bahan alami ini dimanfaatkan sebagai imunomodulator, antiviral, anribakterial, dan antiinflamasi. Efek imunomodulator pada meniran dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh (preventif) dan mempercepat pemulihan dari penyakit (kuratif). 

Jahe

Bahan alami ini memberikan sensasi hangat pada tubuh yang bermanfaat untuk mengatasi gangguan pernafasan dan gangguan pencernaan. Jahe memiliki aktivitas immunomodulator yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. 

Kunyit

Khasiat kunyit sudah banyak diketahui masyarakat. Kunyit memiliki manfaat sebagai analgesik, antioksidan, antimikroba dan aktivitas antiviral.

Kencur

Bahan alami ini memiiki efek antibakterial, antioksidan dan antiinflamasi. Minyak atsirih pada Kencur dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Temulawak

Temulawak memiliki banyak manfaat, misal untuk meningkatkan nafsu makan pada anak dan gangguan gastrointestinal.

Madu

Bahan alami satu ini pun sudah sangat populer sebagai obat ataupun pemanis alami. Madu dapat mengaktifkan sel imunitas tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.

Editor : Norman Octavianus

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network