Nekat Gadaikan Mobil Kredit, Seorang Wanita Diganjar Hukuman Penjara 10 Bulan

Subhan Sabu
Seorang waniita di Manado dijebloskan ke penjara karena menggadaikan mobil yang masih dalam masa cicilan (Foto : Ilustrasi)

MANADO, iNewsManado.com - ZBT, seorang wanita berprofesi sebagai ASN, telah dijatuhi hukuman penjara selama 10 bulan dan didenda sebesar 10 juta rupiah. Hal ini dikarenakan ZBT menggadaikan mobil yang masih dalam masa cicilan.

Kejadian bermula ketika ZBT, yang merupakan penduduk Desa Kotabunan, Kabupaten Bolaang, Mongondow, mengambil sebuah unit Granmax PU dengan kredit 48 bulan di Astra Credit Companies (ACC).

Namun, setelah mencapai cicilan ke-21, ZBT tidak membayar angsuran lagi. Setelah penyelidikan, ditemukan bahwa ZBT telah menggadaikan unit Granmax PU tersebut kepada makelar sebesar 38 juta rupiah tanpa sepengetahuan ACC.

Akibatnya, ACC mengalami kerugian hingga 117 juta rupiah. ACC kemudian melaporkan ZBT ke Polresta Manado, dan kasus ini akhirnya diserahkan ke Kejaksaan Negeri Manado. ZBT ditahan di Rutan Manado.

Setelah beberapa persidangan, Kejaksaan Negeri Manado menyatakan bahwa ZBT terbukti bersalah melakukan tindakan pidana "Mengalihkan, turut serta mengalihkan benda yang menjadi obyek jaminan fidusia tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari penerima fidusia." Ini sesuai dengan pasal 36 UU RI No. 42 Tahun 1999 Tentang Jaminan Fidusia.

Branch Manager ACC Manado, Aloysius Adyatma, mengingatkan bahwa menggadaikan kendaraan yang masih dalam masa kredit tanpa izin perusahaan pembiayaan adalah tindakan melanggar hukum. Dia juga mendorong debitur ACC untuk selalu membayar angsuran tepat waktu.

“Ketika debitur lalai membayar angsuran maka sudah terjadi cedera janji, apalagi sampai menggadaikannya tanpa sepengetahuan kami selaku kreditur," ujar Aloysius, Sabtu (16/9/2023).

Pihak perusahaan pembiayaan juga berupaya mencarikan solusi terbaik (win-win solution) bagi debitur yang mengalami permasalahan selama masa kredit. “Boleh langsung datang ke kantor cabang ACC terdekat agar dapat dicarikan solusi terbaik”, tambah aloysius.

Roni Mantiri, SH, MH yang berprofesi sebagai seorang pengacara turut menanggapi kasus ZBT ini. Roni mengatakan bahwa pemberian fasilitas pembiayaan dengan jaminan fidusia pada dasarnya merupakan kesepakatan kepercayaan antara perusahaan pembiayaan dan debitur sehingga tindakan menggadaikan kendaraan yang dalam masa cicilan merupakan perbuatan melanggar hukum yaitu pelanggaran sanksi pidana UU Jaminan Fidusia, sesuai Pasal 36 UU No. 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia.

“Pasal tersebut menyatakan bahwa pemberi fidusia yang mengalihkan, menggadaikan, atau menyewakan Benda yang menjadi objek Jaminan Fidusia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23 ayat (2) yang dilakukan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Penerima Fidusia, dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan denda paling banyak Rp.50.000.000,- (lima puluh juta rupiah)," tutur Roni.

Bukan hanya pihak penggadai, pihak yang membeli mobil atau penadah mobil yang digadaikan juga dikenakan Pasal 480 KUHP tentang penadahan dengan hukuman pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun atau denda sebanyak- banyaknya Rp 900 ribu.

Editor : Subhan Sabu

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network