Kenali Kondisi Mata Anda, Berikut Ini Tanda-Tanda Mata Minus

Wilda Fajriah
Tanda-tanda mata minus. (Foto ilustrasi: Freepik)

JAKARTA, iNews.id – Tanda-tanda mata minus sering muncul tanpa disadari. Bahkan ada beberapa tanda diantaranya yang sering dianggap sepeleh, yang jika dibiarkan justru bisa membuat kerusakan mata menjadi lebih parah. 

Tanda-tanda mata minus atau yang biasa dikenal dengan rabun jauh, adalah di mana kondisi mata tak normal lagi. Saat melihat objek yang letaknya dekat terlihat jelas, sementara objek yang letaknya jauh terlihat kabur. Kondisi ini juga disebut dengan istilah myopia.

Tingkat keparahan rabun jauh sangat beragam dan berbeda-beda pada tiap penderita. Pengidap rabun jauh yang ringan umumnya tidak membutuhkan penanganan khusus.

Namun, rabun jauh yang tergolong parah akan mempengaruhi kemampuan melihat, sehingga harus ditangani dengan seksama. Karenanya, penting bagi Anda untuk mengetahui tanda-tanda mata minus, antara lain:

• Pandangan kabur saat melihat objek yang jauh sehingga sering menyipitkan mata, misalnya kesulitan melihat huruf di papan tulis.

• Sakit kepala atau mata lelah bekerja secara berlebihan.

• Sering menggosok mata.

• Terlihat tidak menyadari keberadaan objek yang jauh.

• Frekuensi mengedipkan mata yang berlebihan.

Penyebab terjadinya rabun jauh belum diketahui secara pasti. Para pakar menduga kondisi ini dapat dipicu oleh 2 faktor utama, yaitu :

Keturunan

Anak-anak dengan orang tua yang mengidap rabun jauh memiliki risiko lebih tinggi untuk mengidap kondisi yang sama.

Pengaruh Lingkungan

Contohnya terlalu sering membaca, menonton televisi, menggunakan komputer dan gadget (handphone).

Adapun penanganan rabun jauh atau myopia yang biasanya diberikan oleh dokter antara lain sebagai berikut:

Penggunaan kacamata

Kacamata adalah salah satu cara termudah dan teraman untuk mengoreksi mata minus. Pada kacamata untuk minus yang berat, pandangan pada bagian tepi bisa terjadi distorsi penglihatan.

Lensa kontak

Lensa kontak adalah lensa yang lebih kecil yang dimaksudkan untuk dipakai langsung pada mata. Lensa kontak ini mengapung pada permukaan kornea. Apabila Anda memilih lensa kontak, menjaga kebersihan lensa kontak sangatlah penting agar Anda terhindar dari infeksi mata. Lensa kontak juga sebaiknya dilepas pada saat Anda hendak tidur.

Editor : Norman Octavianus

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network