5 Tempat Wisata di Sulawesi Utara yang Mirip Dengan Luar Negeri

Subhan Sabu
Monumen Yesus Memberkati di Kota Manado (Foto : Subhan Sabu)

MANADO, iNewsManado.com - Sulawesi Utara (Sulut) memiliki banyak tempat wisata yang tak kalah indahnya dengan yang ada di luar negeri. Bahkan tanpa kita sadari terdapat banyak objek wisata di Sulut yang mirip dengan yang ada di manca negara 

Ingin tahu apa saja objek wisata yang mirip dengan luar negeri, berikut iNewsManado.com merangkum objek wisata di Sulut yang mirip dan tidak kalah indahnya dengan yang ada di luar negeri, Jumat (10/3/2023).

1. Patung Cristo The Redeemer, Rio de Janeiro dan Patung Yesus Memberkati, Manado

Patung Cristo The Redeemer atau Yesus Penebus di kota Rio de Janerio, Brasil ini adalah satu patung Yesus Kristus paling fenomenal dan populer di dunia. Patung setinggi 38 meter itu tidak saja menjadi ikon Rio de Janerio tetapi sudah menjadi ikon Brasil. 


Patung Cristo The Redeemer (Foto : Istimewa)

Kalau di Rio de Janeiro, Brazil punya patung Kristus Penebus, maka di Manado punya Patung Yesus Memberkati yang juga menjadi ikon kota Manado dan menjadi salah satu tujuan wisata religi. 

Monumen Yesus Memberkati memiliki tinggi 50 meter dari permukaan tanah. Tinggi patung adalah 30 meter dan 20 meter adalah tinggi penopangnya. Dengan tinggi total 50 meter, Patung Yesus Memberkati menjadi yang tertinggi kedua di dunia setelah patung Kristus Memberkati di Rio de Janeiro.

Patung ini terletak pada bukit tertinggi yang merupakan bagian dari Perumahan Citraland Manado dan menghadap langsung ke Kota Manado dan Pantai Manado.  


Monumen Yesus Memberkati (Foto : Subhan Sabu)

Monumen Yesus Memberkati ini pun menjadi satu-satunya Monumen Yesus yang dibangun dengan kemiringan. Bahkan kemiringan patung yang berbahan dasar besi fibre ini mencapai 20 derajat. Monumen Yesus Memberkati ini menjadi simbol kerukunan antar umat beragama.

2. Kampung Pelangi Brazil dan Kampung Pelangi Manado

Di Rio de Janeiro, Brazil, dulunya ada sebuah permukiman atau kampung nelayan yang kumuh dan sama sekali tidak menarik untuk dilihat, namun setelah dinding rumah pada permukiman tersebut dicat dengan warna yang beragam, seperti pelangi, kampung tersebut menjadi sedap dipandang mata


Kampung Pelangi Brazil (Foto : Istimewa)

Di Manado juga ada kampung pelangi yang mirip dengan yang ada di Brazil. Letaknya tidak jauh dari pusat Kota Manado, di kawasan pemukiman penduduk kampung Sindulang yang berdiri di atas bukit Torsina.

Keberadaannya sangat mencolok bila dilihat dari atas jembatan Soekarno. Selain menonjolkan warna segar, di kampung ini juga terdapat sebuah taman yang menjadi tempat favorit bagi warga untuk berfoto ria.


Kampung Pelangi Manado (Foto : Subhan Sabu)

 

3. Menara Eiffel di Paris dan Miniatur Menara Eiffel di Kota Bitung

Menara Eiffel memang tidak lepas sebutannya sebagai ikon dari Kota Paris, Perancis. Menara dengan ketinggian sekitar 325 meter ini awalnya dibangun untuk digunakan sebagai menara pengamat dan menara radio. 


Menara Eiffel Paris (Foto : Istimewa)

Namun sekarang, menara itu beralih fungsi sebagai tempat wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di Kota Bitung, Sulawesi Utara sendiri punya replika menara Eiffel. Meski hanya setinggi sekitar 30 meter, menara ini tidak kalah indahnya dengan aslinya. Di ujung menara dipasang jangkar kapal yang menggambarkan Bitung sebagai Kota Pelabuhan dan Kota Bahari.


Miniatur menara Eiffel di Kota Bitung (Foto : Istimewa)

Menara yang berada di tengah Kota Bitung ini dibangun sekitar tahun 1980an oleh salah seorang mantan Walikota Bitung yang pernah menuntut ilmu di Paris

4. Pagoda Cien, Taiwan dan Pagoda Ekayana Tomohon

Pagoda Cien yang berada di Taiwan ini selesai dibangun pada tahun 1971. Cien berarti kebaikan, rahmat dan belas kasihan dalam bahasa Mandarin. Pagoda Cien ini terletak 954 meter di atas permukaan laut, dengan tinggi sekitar 46 meter.


Pagoda Cien di Taiwan (Foto : Istimewa)

Di Kota Tomohon, Sulawesi Utara juga terdapat sebuah Pagoda yang mirip dengan Pagoda Cien. Pagoda ini berdiri megah di dalam kompleks Vihara Buddhayana, Kelurahan Kakaskasen 2, Tomohon.

Pagoda yang selesai dibangun tahun 1996 ini memiliki sembilan lantai. Berdasarkan kepercayaan pagoda berfungsi untuk memperingati para leluhur dan juga, tempat penyimpanan benda-benda yang disakralkan.


Pagoda Ekayana di Kota Tomohon (Foto : Subhan Sabu)

Penyimpanan tersebut akan diurut berdasarkan lantai, lantai tertinggi merupakan tempat penyimpanan benda yang paling dianggap suci, dibanding benda-benda suci lainnya

5. Pantai Navagio Yunani dan Tanjung Silar Boltim

Pantai Navagio merupakan sebuah pantai yang terletak di pulau Zakynthos, Kepulauan Ionia, Yunani. Wilayah pantai yang terletak di pesisir barat laut Zakynthos, Munisipalitas Elation ini dikenal akan tebing kapurnya, pasir pantainya yang putih, dan warna airnya yang biru dan jernih. Pantai ini hanya dapat dijangkau dengan menggunakan kapal. 


Pantai Navagio di Yunani (Foto : Istimewa)

Bagi anda yang tertarik dengan keindahan Pantai Navagio, tidak perlu susah payah untuk kesana, pantai ini punya kembarannya kok di Indonesia, tepatnya di Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Provinsi Sulut, Tanjung Silar namanya.

Tanjung Silar yang berada di Desa Jiko, Kecamatan Nuangan, Kabupaten Boltim ini mempunyai kemiripan yang hampir sama dengan Pantai Navagio, sama-sama berpasir putih, dan air yang berwarna biru dan jernih


Tanjung Silar di Boltim (Foto : Subhan Sabu)

Selain itu juga untuk menuju ke lokasi tanjung Silar harus menggunakan perahu, sama dengan pantai Navagio, yang hanya dapat dijangkau dengan menggunakan kapal. 

Editor : Subhan Sabu

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network