Siap-siap! Gerhana Matahari Hibrid Bakal Terjadi di Indonesia, Ini Dampak Bahayanya

Norman Octavianus
Gerhana Matahari Hibrid akan terjadi di Indonesia. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Gerhana matahari hibrid akan terjadi di Indonesia pada 2023 ini. Sesuai prediksi, Gerhana Matahari Hibrid akan terjadi pada 20 April 2023.

Gerhana Matahari Hibrid terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris sehingga di suatu tempat tertentu terjadi peristiwa piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan Matahari dan tempat tertentu lainnya terjadi peristiwa piringan Bulan yang teramati dari Bumi sama dengan piringan Matahari.

Akibatnya, saat puncak gerhana di suatu tempat tertentu, Matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya, sedangkan di tempat tertentu lainnya, Matahari seakan-akan tertutupi Bulan.

Menariknya, gerhana matahari hibrid akan terdampak binatang, sampai jaringan Telekomunikasi.

Saat gerhana matahari hibrid, binatang biasanya akan kebingung, gelisah dan bersuara keras ketika terjadi proses gerhana matahari hibrid menyebabkan bumi menjadi gelap sementara.

Sementara, gerhana matahari hibrid akan menggangu jaringan komunikasi, meliputi gelombang radio dan jaringan internet. Hal ini dapat menggangu aktivitas transportasi udara dan laut.

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network