Wajib Tahu! Ini Perbedaan Bubur Manado dan Cirebon

Fabyan Ilat/Net Manado
Perbedaan Bubur Manado dan Cirebon yang memiliki kenikmatan khas. Foto/Kolase/Istimewa

JAKARTA, iNewsManado.com - Perbedaan bubur Manado dan Cirebon dibahas dalam artikel berikut ini. Bubur Manado dan Cirebon merupakan dua makanan khas dari Sulawesi Utara dan Jawa Barat. 

Dua makanan ini memiliki keistimewaan sendiri di Indonesia. Meski terdapat banyak kesamaan bubur manado di daerah lain maupun bubur cirebon dengan daerah lain, namun kekhasan Bubur Manado dan Cirebon jadi data tarik tersendiri. 

Membahas perbedaan bubur Manado dan Cirebon pada dasarnya bukan untuk mencari makanan mana yang terenak. Tetapi lebih pada inovasi dan kekhasan dua makanan tersebut. 

Di bawah ini akan diulas perbedaan bubur Manado dan Cirebon dirangkum iNewsManado.com per Jumat (18/11/2022). 

 

  • Kuah

Perbedaan bubur Manado dan Cirebon terletak pada kuahnya. Kalau bubur Manado kuahnya dihasilkan dari campuran rempah-rempah dan labu. Sementara bubur cirebon yang khasnya bubur ayam, kuahnya mengandung kaldu. Perbedaan ini membuat dua makanan ini memiliki kenikmatan khas masing-masing. 

 

  • Tampilan

Perbedaan bubur Manado dan Cirebon berikutnya ada pada tampilannya. Dua makanan ini memiliki variasi tersendiri dalam penyajian. Bubur Manado yang didominasi sayuran dan rempah, biasanya disajikan menggunakan tahu dan sambal pedas ikan roa. Penggunaan bawang goreng jadi hal wajib. Sementara untuk bubur ayam cirebon, permukaannya bertumpuk kerupuk, emping, suwiran ayam, bawang goreng, cacahan seledri, dan terkadang dilengkapi potongan cakwe.

  • Harga

Perbedaan bubur Manado dan Cirebon berikutnya adalah soal harga. Bubur Manado biasanya dijual seporsi mulai Rp5.000-Rp25.000. Harga tersebut berbeda dilihat dari sisi penjualnya. Sementara untuk bubur cirebon atau bubur ayam cirebon, harga dimulai Rp9.000-Rp16.000 per porsi. 

Itulah perbedaan bubur Manado dan cirebon. Bagi pencinta kuliner, dua makanan ini memiliki kenikmatan masing-masing. Sekali lagi, perbedaan bukan membahas untuk mencari yang paling enak. Tetapi merupakan sebuah referensi semata. 

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network