Tesla Bikin Robot Humanoid Optimus, Harga Rp305 Juta

Dini Listiyani
Robot Humanoid Optimus yang diciptakan Tesla. Foto/Tesla

JAKARTA, iNewsManado.com - Perusahaan Amerika Serikat Tesla menciptakan Robot Humanoid Optimus 2022. Robot Humanoid Optimus diperkenalkan 2022 AI Day Tesla. Robot tersebut dilengkapi sensor Al dengan fitur bantuan pengemudi autopilot. 

CEO Tesla Elon Musk menjelaskan prototipe bisa melakukan lebih dari apa yang ditampilkan secara langsung, tapi pertama kali berjalan tanpa tambatan malam ini di atas panggung. 

Pada awal presentasi, Musk mengakui mereka memiliki seorang pria berjas tahun lalu, tapi menjanjikan sesuatu yang jauh lebih mengesankan sekarang.

Musk memperkirakan robot bisa mencapai harga kurang dari 20.000 dolar AS atau Rp305 juta. Dia mengklaim, Optimus dibuat untuk produksi massal dalam jutaan uni dan sangat mimpuni. 

Saat dia mengatakan itu, tim pekerja memindahkan prototipe non-berjalan ke luar panggung di belakangnya. Awalnya, pintu belakang panggung terbuka untuk menampilkan Optimus yang didekonstruksi yang oleh tesla disebut "Bumble C" yang berjalan ke depan dan melakukan gerakan tarian "angkat atap". 

Musk mengakui mereka ingin menjaganya tetap aman, tidak membuat terlalu banyak gerakan di atas panggung, dan membuatnya "jatuh tersungkur." 

Setelah itu, perusahaan menunjukkan beberapa klip video robot yang melakukan tugas lain seperti mengambil kotak. Kemudian tim Tesla mengeluarkan prototipe lain yang menunjukkan versi "sangat dekat dengan produksi" dari Optimus dengan bodi yang dirakit sepenuhnya tetapi tidak berfungsi sepenuhnya.

Robot diangkat di atas dudukan dan melambaikan tangan kepada penonton, menunjukkan rentang gerak pergelangan tangannya dan tangan.

Musk mengklaim unit ini (yang dikeluarkan dan akhirnya digulingkan oleh tim pekerja) masih berisi aktuator, baterai, dan semuanya, tetapi “belum siap untuk berjalan.

Artikel ini telah tayang di iNews.id dengan judul: Elon Musk Pamer Robot Humanoid Bernama Optimus, Segini Harganya

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network