5 Makanan Khas Manado yang Paling Diburu, Nomor 4 Disukai Kalangan Artis

Fabyan Ilat
Bubur Manado salah satu makanan khas Manado yang paling diburu. Foto/Istimewa

JAKARTA, iNewsManado.com - Makanan khas Manado merupakan salah satu kuliner di Indonesia yang sangat disukai. 

Makanan khas Manado ini bukan saja disukai kalangan wisatawan, namun juga digemari para selebriti di Indonesia. 

Salah satu yang khas dari Makanan khas Manado adalah kenikmatan dan kegurihannya. Menariknya, makanan khas Manado ini tidak merogoh kocek karena bisa dibeli dengan harga terjangkau baik di tempat penjualan maupun di rumah makan. 

Beberapa makanan khas Manado bahkan jadi kuliner andalan di Ibu Kota Jakarta maupun jadi buah tangan untuk dibawa ke luar negeri. 

Berikut 5 makanan khas Manado yang dirangkum iNewsManado.com dari berbagai sumber, Jumat (26/8/2022):

 

1. Bubur Manado atau Tinutuan

Makanan khas Manado yang pertama adalah bubur Manado. Di Manado, bubur Manado disebut Tinutuan. 

Makanan khas Manado ini didominasi dengan sayuran dan tidak ada penambahan daging dalam pembuatannya. Tinutuan cocok disajikan menggunakan mi atau tahu dan ikan goreng. 

Sambal dari tinutuan atau biasa disebut dabu-dabu menambah kenikmatan makanan ini. Tinutuan jadi makanan khas Manado yang paling diburu wisatawan. 

 

2. Ayam Woku Belanga

Makanan khas Manado yang kedua adalah Ayam Woku Belanga. Makanan ini sangat favorit karena aroma rempah-rempah sangat mendominasi dari pembuatan makanan ini. 

Ayam Woku Belanga biasanya disajikan pada acara acara penting di Manado, seperti perayaan Ulang Tahun, Pesta Perkawinan, Perayaan Hari Natal dan Perayaan Pengucapan Syukur. 

3. Rica Roa

Makanan khas Manado selanjutnya adalah Rica Roa. Kekhasan makanan ini karena olahan sambal Rica Roa tiada duanya di Indonesia. Rica Roa dibuat dengan bahan dasar ikan Roa yang diasap terlebih dahulu. Rica Roa bahkan dijadikan ekspor ke luar negeri oleh beberapa pengusaha lokal karena salah satu identik nya terkait rasa pedas yang membuat penikmat ketagihan. 

 

4. Cakalang Fufu

Makanan khas Manado selanjutnya adalah Cakalang Fufu. Makanan ini dibuat dari Ikan Cakalang. Pengolahannya menggunakan bambu untuk menjepit badan ikan untuk diasap. Sebelum diasap, ikan dibumbui sehingga bisa mengeluarkan aroma yang khas. Cakalang Fufu digilai kalangan selebritis Indonesia. Para artis yang berkunjung ke Manado biasanya memesan langsung cakalang fufu yang belum diolah untuk dibawa pulang. Cakalang Fufu paling enak digoreng kemudian dicampur sambal atau di saos. Cakalang Fufu juga bisa diolah menggunakan santan kelapa. 

5. Kuah Asam

Makanan khas Manado selanjutnya adalah Kuah Asam. Makanan ini bahan dasarnya menggunakan ikan dan menggunakan sejumlah rempah-rempah, diantaranya sereh, kemangi, tomat, daun kuning dan cabai. 

Kuah Asam dengan tampilan kuah bening sangat khas terasa pedasnya sesuai karakter Makanan khas Manado. 

 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network