TAHUKAH Anda ternyata ada hari tandingan perayaan Valentine yang identik dengan pasangan, yakni hari untuk para jomblo alias single? Ya, 11 November ternyata juga dikenal sebagai Singles’ Day.
Awalnya peringatan hari untuk jomblo setiap tanggal 11 di bulan ke-11 ini dicetuskan pertama kali di China lewat China's Singles' Day yang populer di kalangan mahasiswa dan mahasiswi China bahkan sejak era 90’an sebagai anti-Valentine's Day".
Awalnya dikenal sebagai Hari Bujangan, tanggal 11 di bulan November (atau 11.11), dipilih untuk mewakili simbol atau lambang bentuk satu stick (single sticks).
Hari ini diperingati para generasi muda di China yang jomblo dengan melakukan self-care sebagai reward untuk diri sendiri. Misalnya membelikan hadiah untuk diri sendiri, makan enak, jalan-jalan keluar atau hangout bersama teman-teman terdekat.
Semuanya dilakukan dengan uang sendiri, untuk menunjukkan kemandirian diri sendiri.
Kemudian hari jomblo ini berevolusi menjadi hari belanja besar-besaran atau festival belanja. Sebab industri bisnis melihat peluang untuk bisa menjual lebih banyak produk dan mulai menandai hari itu dengan diskon khusus.
Awalnya hanya hari belanja berskala kecil, sampai akhirnya bos Alibaba Group, Mr. Ma membawa strategi penjualan Singles' Day ke pasar online raksasa Alibaba Group Tmall dengan menawarkan diskon besar pada platform pada tahun 2009.
Program diskon besar-besaran ini terbukti berhasil menarik perhatian para konsumen berbagai tipe. Sehingga terjadi lonjakan penjualan yang luar biasa dalam hitungan jam.
Dalam satu jam pertama saja, hampir 330.000 item terjual. Barang yang dibeli pun bermacam-macam, mulai dari apartemen, tas mewah, peralatan, kebutuhan sehari-hari, hingga mobil.
Tercatat, pada 11 November tahun lalu, Alibaba dan e-commerce JD.com mencatat rekor dengan mengumpulkan penjualan bernilai sekitar USD155 miliar di seluruh platform.
Perkembangan Hari Jomblo 11 November menjadi semakin meriah, karena tak hanya sekedar menjadi momentum festival belanja tapi juga perayaan seni.
Beberapa platform e-commerce menyelenggarakan pertunjukan gala show mewah yang disiarkan di TV satelit internasional dan platform streaming online, dengan mengundang artis internasional seperti Taylor Swift dan Pharrell Williams. Bahkan pandemi pun tak menghentikan acara gala 11.11 ini loh! Pada tahun 2020, Katy Perry yang diundang sebagai artis utama, menghibur para pemirsa dengan mengirim video penampilannya secara virtual yang sudah direkam sebelumnya ke salah satu acara gala di China untuk merayakan Singles' Day. Demikian sebagaimana dihimpun dari ABC Australia, Rabu (11/11/2021).
Editor : Fabyan Ilat
Artikel Terkait