Tornado Hebat Terekam Kamera, Ini Penampakkannya

Fabyan Ilat
Tornado hebat yang muncul di Amerika Serikat. (Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Sebuah video Tornado beredar di Instagram, Senin (25/10/2021). Tornado yang dapat dikategorikan mengerikan itu tidak menampakkan merusak rumah di sekitarnya. Dilansir dari BBC, Tornado ini terlihat kapasitas awan lebih besar dari yang pernah terjadi. 

Ini link videonya di instagram : https://www.instagram.com/tv/CVcfEilFyQ5/?utm_medium=copy_link

Sekadar referensi, Tornado adalah kolom udara yang berputar kencang yang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus atau dalam kejadian langka dari dasar awan cumulus dengan permukaan tanah. Tornado muncul dalam banyak ukuran namun umumnya berbentuk corong kondensasi yang terlihat jelas yang ujungnya yang menyentuh bumi menyempit dan sering dikelilingi oleh awan yang membawa puing-puing.

Umumnya tornado memiliki kecepatan angin 177 km/jam atau lebih dengan rata-rata jangkauan 75 mdan menempuh beberapa kilometer sebelum menghilang. Beberapa tornado yang mencapai kecepatan angin lebih dari 300–480 km/jam memiliki lebar lebih dari satu mil (1.6 km) dan dapat bertahan di permukaan dengan lebih dari 100 km.

Meskipun tornado telah diamati di tiap benua kecuali Antartika, tornado lebih sering terjadi di Amerika Serikat. Tornado juga umumnya terjadi di Kanada bagian selatan, selatan-tengah dan timur Asia, timur-tengah Amerika LatinAfrika Selatan, barat laut dan tengah EropaItalia, barat dan selatan Australia, dan Selandia Baru.
 

Editor : Fabyan Ilat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network