Logo Network
Network

Indonesia Masih Belanja Impor, Jokowi: Bodoh Sekali Kita

Raka Novianto
.
Selasa, 14 Juni 2022 | 12:04 WIB
Indonesia Masih Belanja Impor, Jokowi: Bodoh Sekali Kita
Presiden Jokowi. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Belanja Impor Indonesia yang tinggi membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara.

Jokowi kembali menekankan kepada para menterinya dan pemerintah daerah (pemda) untuk membeli produk dalam negeri. Jokowi pun mengungkapkan rasa sedih karena APBN dan APBD belum sepenuhnya dibelanjakan untuk produk dalam negeri. 

"Sedih, ini uang rakyat, uang yang dikumpulkan dari pajak, baik ppn pph badan pph perorangan, pph karyawan dari pihak ekspor dari PNPB dikumpulkan dengan cara yang tidak mudah. Kemudian belanjanya produk impor bodoh sekali kita," ujar Jokowi dalam sambutannya pada Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2022, Selasa (14/6/2022).

Presiden pun menyampaikan sindiran halus yang menyebut pihak kementerian dan Pemda diisi oleh orang-orang pintar, namun terlihat bodoh karena lebih memilih produk impor.

"Maaf kita ini pinter-pinter tapi kalau caranya seperti ini bodoh sekali kita. Saya harus ngomong apa adanya," kata Jokowi.

Dia menjelaskan, belanja pemerintah pusat maupun belanja pemerintah daerah harus memiliki tiga hal yang penting. Yakni menciptakan nilai tambah, membangkitkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri dan efisien.

Follow Berita iNews Manado di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.