get app
inews
Aa Read Next : Bentrok Agama, 3.000 Umat Muslim di India Melarikan Diri

Derita Warga India Alami Perubahan Iklim, Rasakan Suhu Terpanas Lebih dari 100 Tahun

Senin, 02 Mei 2022 | 10:45 WIB
header img
Warga India sedang merasakan perubahan iklim yang menggila. (F: Istimewa)

NEW DELHI, iNews.id – India benar-benar merasakan perubahan iklim. Saat ini, warga India merasakan suhu terpanas yang pernah terjadi 100 tahun silam.

BACA JUGA: Kisah Angelina Sondakh Menangis Rayakan Ramadan bareng Keluarga

Dikutip The Independent, suhu maksimum rata-rata di negara bagian tengah dan barat laut India, masing-masing tercatat pada 37,78C dan 35,9C, adalah yang terpanas sejak 1900, ketika Departemen Meteorologi India (IMD) mulai mencatat.

Suhu rata-rata yang diamati di seluruh India adalah 35C, tertinggi keempat dalam 122 tahun, direktur jenderal IMD Mrutyunjay Mohapatra mengatakan dalam konferensi video pada hari Sabtu.

Negara ini berada dalam cengkeraman gelombang panas ekstrem yang diperparah oleh perubahan iklim. Jutaan orang tidak akan mendapatkan istirahat dalam waktu dekat karena IMD telah memperkirakan suhu maksimum di atas normal di beberapa daerah, meskipun memperkirakan gelombang panas ekstrem akan mereda pada hari Senin.

BACA JUGA: Alamak! 1.384 Karyawan tak Terima THR Idul Fitri

Temperatur yang melonjak telah memicu peringatan kesehatan bagi orang-orang, merusak tanaman, menyebabkan penutupan sekolah dan memicu permintaan listrik yang belum pernah terjadi sebelumnya, menyebabkan kekurangan batu bara dan pemadaman listrik di ibu kota nasional Delhi dan di seluruh negeri.

Suhu di Delhi melonjak melewati 43C untuk hari ketiga berturut-turut pada hari Minggu, suhu tertinggi yang tercatat di kota itu dalam 12 tahun, dan diperkirakan akan tetap sekitar 42C minggu ini.

Suhu di Delhi lima derajat di atas normal untuk tahun ini, beberapa bulan sebelum puncak musim panas pada akhir Juni atau Juli, menjelang hujan monsun.

India mencatat defisit curah hujan sekitar 89 persen pada Maret dan hampir 83 persen pada April karena gangguan barat yang kering, kata Mohapatra, seraya menambahkan bahwa rata-rata hujan pada Mei "kemungkinan di atas normal".

IMD mengatakan gelombang panas hingga kondisi gelombang panas yang parah terjadi pada hari Jumat di Uttar Pradesh timur, negara bagian terbesar di India, yang mencatat suhu hingga 47 derajat Celcius di beberapa daerah. Gelombang panas juga disaksikan di negara bagian utara Haryana dan tetangganya Himachal Pradesh, yang terletak di kaki pegunungan Himalaya.

Beberapa negara bagian timur, termasuk Benggala Barat, Odisha dan Jharkhand, dan negara bagian barat seperti Maharashtra juga mencatat kondisi seperti gelombang panas.

BACA JUGA: Ribuan Penduduk Desa di New Mexico Dievakuasi Akibat Kebakaran Hutan

Badan cuaca menyatakan gelombang panas ketika suhu naik di atas 40C dan setidaknya 4,5 takik di atas normal dan gelombang panas parah ketika suhu 6,4C di atas normal.

Karena India tetap berada dalam pergolakan gelombang panas yang luar biasa panjang, perdana menteri negara itu Narendra Modi pekan lalu mengatakan kepada pemerintah negara bagian untuk mengawasi meningkatnya insiden kebakaran hutan, termasuk kebakaran di rumah sakit.

“Suhu naik dengan cepat,” katanya, Rabu. “Dan bangun lebih awal dari biasanya.”

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut