get app
inews
Aa Read Next : Sitaro Siaga Kebakaran Hutan, Ini Langkah Pemerintah

Ribuan Penduduk Desa di New Mexico Dievakuasi Akibat Kebakaran Hutan

Senin, 02 Mei 2022 | 09:05 WIB
header img
Suasana desa di New Mexico Utara yang mengalami kebakaran hutan. (F: Reuters)

TAOS, iNews.id – Kebakaran melanda sejumlah hutan dan lembah di New Mexico Utara, Minggu (1/5/2022) waktu setempat.

Ribuan penduduk desa dievakuasi pada Minggu ketika angin kencang terus membuat api menjalar membakar hutan aktif terbesar AS menuju lembah pegunungan mereka yang gersang dikutip Reuters.

BACA JUGA: Kisah Boris Becker, Dipuja Pahlawan hingga Disebut Badut

Angin berhembus lebih dari 40 mph (64 kph) meniup bara satu mil di depan kobaran api untuk memulai kebakaran baru ketika buldoser mengukir sekat api untuk melindungi desa Ledoux, Mora dan Cleveland sekitar 40 mil (64 km) timur laut Santa Fe.

Mereka berada di antara komunitas pertanian dan kota Old West di jalur api Calf Canyon, yang paling merusak dari selusin kobaran api Southwest yang menurut para ilmuwan lebih meluas dan tiba awal tahun ini karena perubahan iklim.

BACA JUGA: Petugas Pengamanan Siaga 1 Jelang Salat Id di Papua

"Ke mana kita harus lari, kemana kita pergi, di sinilah mata pencaharian kita," kata Darlene Gallegos, seorang petani dan salah satu pemilik pasar pedesaan Mora, setelah polisi menyuruhnya untuk menutup toko dan melarikan diri dari desa Mora. 1.000 menetap di masa kolonial Spanyol.

Dua puluh mil ke selatan di ujung lain dari 104.000 acre (42.100 hektar) megafire, beberapa penduduk Las Vegas, New Mexico, diberitahu untuk mempersiapkan evakuasi karena angin mendorong api dalam jarak 5 mil dari rumah di dekat jalan raya antar negara bagian 25.

Komunitas-komunitas di barat kota itu dapat dievakuasi "dalam waktu dekat," kata pejabat New Mexico Game and Fish Shawn Carrell dalam sebuah pengarahan. Para kru membuldoser sekat api di utara dan barat kota universitas bersejarah berpenduduk 14.000 orang untuk melindungi peternakan, rumah pedesaan, dan United World College.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut