get app
inews
Aa Read Next : Indonesia dan Rusia Tandatangani MoU Kerjasama di Bidang Hukum

Alamak, Pasukan Ukraina Diduga Tembak Warganya Sendiri

Minggu, 01 Mei 2022 | 15:19 WIB
header img
Serangan Ukraina yang melukai warganya sendiri. (F: Istimewa)

DOBROPILLIA, iNews.id – Rusia mengklaim Pasukan Ukraina menembaki warganya sendiri dan melukai sejumlah warga lainnya, Minggu (01/05/2022).

Kejadian tersebut terjadi di wilayah selatan Kherson, setelah terjadi penggempuran wilayah selatan dan timur dengan serangan rudal, sementara beberapa warga sipil melarikan diri dari pagar baja.

BACA JUGA: Sadis! Pemilik Salon Lisa di Tondano Dibunuh, Jantungnya Dicabut Kepala Ditikam Pakai Gunting

Dikutip Reuters, Moskow telah mengalihkan fokusnya ke selatan dan timur Ukraina setelah gagal merebut ibu kota Kyiv dalam serangan sembilan minggu yang telah meratakan kota-kota, menewaskan ribuan warga sipil dan memaksa lebih dari 5 juta orang mengungsi ke luar negeri.

Pasukannya telah merebut kota Kherson, memberi mereka pijakan hanya 100 km (60 mil) utara Krimea yang dicaplok Rusia, dan sebagian besar telah menduduki Mariupol, kota pelabuhan timur yang strategis di Laut Azov.

Kementerian pertahanan Rusia menuduh pasukan Ukraina menembaki sebuah sekolah, taman kanak-kanak dan pemakaman di desa Kyselivka dan Shyroka Balka di wilayah Kherson, kata kantor berita Rusia RIA, Minggu.

BACA JUGA: Bantah Pengakuan Iqlima Kim, Hotman Paris: Habis Lebaran Saya Laporkan

Kementerian tidak memberikan rincian lebih lanjut. Tidak ada tanggapan langsung dari Ukraina atas laporan tersebut, yang tidak dapat diverifikasi secara independen oleh Reuters.

Namun militer Ukraina mengatakan dalam sebuah buletin pada hari Minggu bahwa pasukan Rusia berjuang untuk menerobos perbatasan administratif Kherson dan mempersiapkan jalan untuk serangan di kota Mykolayiv dan Kryvyi Rih.

Kontrol Rusia atas Kherson akan membantu mempertahankan kemajuannya ke utara dan barat dan meningkatkan kontrolnya atas Krimea, kata intelijen militer Inggris dalam pembaruan Twitter.

Rusia menyatakan kemenangan di Mariupol pada 21 April, bahkan ketika ratusan tentara Ukraina dan warga sipil berlindung di pabrik baja Azovstal.

PBB telah mendesak kesepakatan evakuasi. Pada hari Sabtu seorang pejuang Ukraina di dalam mengatakan sekitar 20 wanita dan anak-anak berhasil keluar.

"Kami mengeluarkan warga sipil dari puing-puing dengan tali - itu adalah orang tua, wanita dan anak-anak," kata pejuang, Sviatoslav Palamar, mengacu pada puing-puing di dalam pabrik, yang terbentang 4 km persegi (1,5 mil persegi).

Palamar mengatakan Rusia dan Ukraina menghormati gencatan senjata lokal, dan dia berharap warga sipil yang dievakuasi akan dibawa ke kota Ukraina Zaporizhzhia di barat laut.

Tidak ada komentar dari Rusia atau PBB tentang evakuasi tersebut. Ratusan orang Ukraina tetap berada di dalam pabrik baja, kata pejabat Ukraina.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut